Halaman

Rabu, 01 Agustus 2012

MUSIBAH DIBALIK MUSIBAH


Bang Pendi jadi serba salah. Kata Pak Ustaz, tidur siang di bulan puasa seperti dihitung ibadah. Katanya sih, daripada bergunjing atau membicarakan orang lain malah bikin dosa, memang lebih baik tidur. Tapi Enyak dirumah malah ngedumel terus kalau melihat Bang Pendi tidur. Kalau dipikir-pikir Bang Pendi memang sungguh terlalu. Mentang-mentang tidur termasuk ibadah, sehabis makan sahur dia langsung tidur dan baru bangun lagi menjelang Maghrib, ya jelas saja Enyak marah-marah. Karena merasa nggak enak diomelin terus, akhirnya Bang Pendi merubah agenda hariannya dari tidur siang diganti dengan memancing. Seperti hari ini, Bang Pendi telah siap dengan pancingnya menuju ke sungai kecil dekat rumahnya. Tak lupa ia membawa lontong dan bakwan dalam kantong plastik. Bila keadaan darurat atau laparnya tak tertahan, mau tak mau lontong dan bakwannya ia sikat, tapi asal nggak ada yang lihat… hehe.


Tapi entah mengapa, lagi-lagi ia bernasib sial. Niatnya untuk memancing malah berujung musibah. Bang Pendi jadi berpikir..”Apakah karena ia kualat oleh sumpah para sesepuh cacing yang marah karena melihat anak dan cucunya diambil paksa saat mereka tidur siang ataukah para ikan mujaer atau ikan sapu-sapu sudah kompak menyewa pawang pancing agar mereka tidak terpancing Bang Pendi.”
Entahlah… tapi yang pasti, saat Bang Pendi akan melempar mata pancing, ia malah terpeleset. Lalu ia tak kuasa menahan keseimbangan hingga akhirnya tercebur ke sungai. Bang Pendi sempat megap-megap karena memang ia tidak bisa berenang walau akhirnya berhasil ke tepi dengan susah payah. Sambil tengak-tengok kekanan dan kekiri dan berharap tak ada yang melihat ia tercebur karena pasti ia akan jadi bahan tertawaan. Bang Pendi menyumpah-nyumpah sendiri walau tak urung ia menjadi geli sendiri mentertawakan kebodohannya. Dan kalau saja Bang Pendi tahu kalau saat itu para ikan mujaer dan sapu-sapu cekikikan mentertawakannya tentu akan bertambah gondok.


Tubuh Bang Pendi basah kuyup, alat pancingnya juga sebelah dari sandal jepitnya hanyut terbawa arus sungai. Itu belum seberapa, yang paling membuatnya sedih ialah hape jadulnya jadi rusak gara-gara terendam air. Sekarang Bang Pendi jadi bingung sendiri, apakah langsung kembali kerumah atau tidak. Masalahnya cuaca sedang panas-panasnya dan bila ada yang melihatnya sudah pasti ia akan jadi bahan tertawaan. 

Beruntung, tak lama kemudian lewat si Jabrik dijalan tak jauh dari tempat Bang Pendi tercebur tadi. Terdengar oleh Bang Pendi, si Jabrik tengah bersenandung lagu ‘Yogyakarta’ dari KLA.

“Ijinkanlah aku untuk pulang paaagiiii… bila hari mulai sepi tanpa tukang roootiiii…” Senandung asal si Jabrik.

“Hei.. Jabriiik.. Jabriiikk!” Panggil Bang Pendi. Si Jabrik jelas saja kaget dan hampir lari ketakutan.

“Ah, sialan lu Pen! Gua kirain biawak yang manggil-manggil gua...”

“Elu yang sialan. Masa ganteng-ganteng begini dibilang biawak. Bukan biawak tapi kudanil! Sini lu... tolongin gua!”

“Ya elah.. tolongin apaan sih? Elu aje yang kesini. Lagian ngapain juga elu disitu, mau cari wangsit?”

“Sebenernya gua mao mancing Brik tapi barusan gua kecebur..” Jawab Bang Pendi sendu. Si Jabrik langsung tertawa ngakak.

“Ah, elu yang ngada-ngada aje Pen. Gua rasa elu sengaja nih, sambil kelelep minum air! Lagian elu mancing ginihari, emangnye elu kagak tau ini bulan puasa? Ikan juga lagi pada puasa Pen...” Si Jabrik meneruskan tawanya. “Kalaupun ini bukan bulan puasa, elu salah kalo mancing jam 2 siang gini. Kalo mao mancing mah jam 11-an Pen, ikan-ikan masih pada laper karena belon makan siang. Kalo jam segini mah, ikan-ikan baru dari warteg, jadi masih pada kenyang” Si Jabrik ngakak lagi.

“Ah, sialan lu. Bukannya bantuin, malah ngetawain gua. Kalo ikan sih sudah gua nggak pikirin lagi, masalahnya sekarang hape gua nih jadi rusak gara-gara kerendem aer.”

“Yah, hape jadul gitu elu tangisin. Ya sudah ganti aja sekalian sama BB..”

“Ah, ogah gua Brik! Gua pernah BBM-an seharian pake BB keponakan , badan gua malah jadi lemes.”

“Lho.. kok bisa?” si Jabrik keheranan.

“Ya iyalah. Gimana kagak lemes kalo sebentar-sebentar gua ke wc karena Berak-Berak Mencret” ucap Bang Pendi sambil nyengir. Si Jabrik gondok.

Dari dulu sialnya Bang Pendi memang nggak hilang-hilang. Sudah kecebur, rusak hape pula.  Padahal dikit-dikit lagi lebaran, kalau dia nggak punya hape dia nggak akan bisa ngirim sms lebaran ke yayangnya, hehe. Sekarang Bang Pendi sedang berpikir, bagaimana caranya membentuk panitia “Koin peduli Pendi” agar dia bisa beli hape lagi, hehe.

85 komentar:

  1. Massss.. ikan2nya pan pade puase.. jangan dikasi cacing dounk.. makanyeee.. sial nieh banggg.. iye deh, nanti aye nyumbang koin 100 rupiah.. XD

    BalasHapus
  2. nunggu THR bang, buat beli hape baru yang robot ijo, kaya punye ayeee

    BalasHapus
  3. Om... lama gak posting ya????
    mohon maaf lahir batin yaaa

    BalasHapus
  4. heheh Berak2 mencret. ade aje nih.

    BalasHapus
  5. kayaknya kemaren Bang Pendi belum punya yayang deh...

    BalasHapus
  6. udah lama gak posting gan ,, marhaban yaa ramdhan ya ,, :)

    BalasHapus
  7. @-Gek- : iye Bu...sekarang ikan mujaer dah sombong. dah nggak mau lagi makan cacing, maunya pizza...hehe. Klo cma seratus rupiah, jadi banyaknya kelamaan Bu...hehe
    @Mas Slamet : wah justru itu mas, kyknya taon ini bang pendi ga dapet THR. makanya bikin panitia koin peduli...hehe
    @Tante Elsa : iye nih...kelamaan semedinya. maaf lahir bathin juga ya...
    @Mba Fanny : klo lagi makan, nggak usah diomongin...hehe
    @Mba Narti : Ah, Mba Narti pura-pura aja. bukannya baru 2 bulan kita jadian...haha
    @ace maxs : iya...maaf lahir bathin ya

    BalasHapus
  8. artikel yang snagat bagus nie gan,,,,,,,,,

    BalasHapus
  9. mantap banget artikel nya sangat bagus dan snagat menarik nie gan,,,,,,,,,

    BalasHapus
  10. di balik musibah tentunya pasti ada hikmah..

    BalasHapus
  11. sabar aja bang pendi semogga aja ada hikmah nya buat bag pendi dan selamat menunaikan ibadah puasa aja buat bang pendi ,,,,,,,,

    BalasHapus
  12. berbagi kata kata motivasi gan
    Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.
    salam kenal sukses selalu, semoga dapat di terima dan ku tunggu kunjungan baliknya ya :D

    BalasHapus
  13. Ikan juga manusia..hehehe apa hubungannya ye.

    Bang apa kabar, lama ngak baca cerita konyol and lucu bang pendi, hari ini berhasil ngakak.

    Gimana kabarnya Bang, moga sehat dan puasanya lancar ya Bang.

    Tidur emang ibadah bang tapi kalau tidur seharian apa ya??

    BalasHapus
  14. nih, Bang.. Aye nyumbang koin *nyodorin koin Rp.25,-* :D

    BalasHapus
  15. musibah kalau dijalani dengan sabar dan ikhlas ,Insya Alaah akan membawa berkah

    BalasHapus
  16. cerita yang lucu dengan gaya bahasa orang lugu dan humoris,senang juga bacanya,terimakasih

    BalasHapus
  17. beli hapenya iphone seri baru jangan2? mendingan beli honda beat deh bang pendi haha

    BalasHapus
  18. sob, gimana kabar? lama tak saling kunjung... blom update ya?

    BalasHapus
  19. hallo bang... balik lagi nih, sekedar nagih buat update, hehehe...

    BalasHapus
  20. Musibah biasanya membawa hikmah tinggal sejauh mana kita mesikapi musibah tersebut..

    BalasHapus
  21. harus'y mancing pada waktu buka atau sahur,, pasti ikannya lagi pada laper,, hahaha

    BalasHapus
  22. ceitanya unik + lucu ya ... :)

    BalasHapus
  23. sabar aja bag pendi ,,,,
    pasti kejadian itu ada hikmah nya ko asalkan kita besabar ,,,

    BalasHapus
  24. hmm sabar aja gan ,, di balik musibah pasti ada hikmahnya .. :)

    BalasHapus
  25. salam kenal aja gan ,,,,,,,,

    BalasHapus
  26. informasi yang bagus dan menarik beud

    BalasHapus
  27. Bang Pendi apa kabar, maaf ya baru kemari..maklum nyicil, habisnya si bayi sekarang udah pada kemana-mana.

    BalasHapus
  28. info yang sangat bagus nie gan ,,,,,,,

    BalasHapus
  29. makasih banyak atas semua info nya ,,,,,,,,

    BalasHapus
  30. bang pandi apakabar rumahnya? nggak ikut kebanjiran kan?

    BalasHapus
  31. dibalik musibah pasti ada hikmahnya gan :)

    BalasHapus
  32. makasih banyak info nya sangat bagus nie gan ,,,,,,

    BalasHapus
  33. makasih banyak atas semua info nya gan ,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  34. di balik musibah pasti ada hikmahnya

    BalasHapus
  35. salam kenal ajj mas brooo...

    BalasHapus
  36. salam kenal ajj bang........

    BalasHapus
  37. salam kenal ajj mas brooo...

    BalasHapus
  38. info yang sangat bagus nie gan,,,,,,,

    BalasHapus
  39. Keren juga postingannya gan...

    BalasHapus
  40. artikelnya sungguh menarik gan...

    BalasHapus
  41. sabar aja ya , dibalik musibah pasti ada hikmah

    BalasHapus
  42. This is a good site to spend time on .I just stumbled upon your informative blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your very well written blog posts. I will be your frequent visitor, that's for sure.Pakistan marriage | Pakistani Shadi

    BalasHapus
  43. "
    thanks for the article,,, cool .... hopefully I'll be able to visit her again to the web,,,,,
    "

    BalasHapus
  44. web fun,,,, I hope your day beautiful gan

    BalasHapus
  45. kereen banget nih story nya . haha

    BalasHapus
  46. makasih banyak atas semua info nya ,,,,,,

    BalasHapus
  47. musibah adalah suatu cobaan dari ALLAH SWT untuk para hambaNYA!!!!!!!!

    BalasHapus
  48. wah harus banyak banyak sabar ya

    BalasHapus
  49. hahaha udah sial ketiban sial :D

    BalasHapus
  50. hahahaha lumayan lucu lah thx gan :D

    BalasHapus
  51. tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya!V

    BalasHapus
  52. situs yang banyak bermanfaat bagi para komunitasnya, tetap berkarya dan sukses!

    BalasHapus
  53. Makasih banyak atas semua info nya ,,,,,,,

    BalasHapus
  54. Anggap saja musibah itu adalah berkah dari allah karena setiap musibah pasti ada hikmahnya

    BalasHapus
  55. terimakasih banyak atas informasinya...
    sangat menarik

    BalasHapus
  56. musibah pasti datang bagi umat islam, tapi di balik musibah itu pasti ada hikmahnya...

    BalasHapus
  57. ijin berbagi kata motivasi yaa
    " janganlah kau buat kekeliruan sebagai sesuatu alasan, dikarenakan semestinya ia jadi motivasimu tuk terus mengambil langkah ke depan"
    thx :)

    BalasHapus
  58. huuiii,,, sudah lama tak ke sini,,,, bang pendi po kbr????????

    halaah,,, sudah BBM an aja nih bang pendi,, sudah di upgrade toh?? nice,,,nice,,, :)

    BalasHapus
  59. izin berkunjung nih gan liat" postingan punya agan.. sangat menarik nih.. hebat banget dalam ngerangkai kata"nya jago... salut ane..

    BalasHapus