Senin, 31 Agustus 2009

DAPET AWARD LAGI...!



Ngga nyangka, aye dapet award lagi. Jadi malu neh..karena ude beberapa sohib yang ngasih award tapi belum bise kirim award balik. Makasih mba Reni..awardnye dah aye pajang neh..he..he muaaaantep !

NUNGGU BEDUG ( 3 )

Bang Mamat : Siang-siang gini..enaknye ngapain ya Di..? ( abis sholat di Langgar )

Bang Madi : Mancing di setu aja bang..! kayaknye ngeliat bang Mamat dapet banyak..kemaren, aye jadi kepengen mancing..

Bang Mamat : Wah..boleh juga tuh, ayo dah...!

Bang Madi : Tapi ajak si Pendi bang, aye pengen liat..bener nggak ngomongannye yang kemaren..?

Bang Mamat : Ah..si Pendi elu dengerin, dia mah cuma bacotnye doang yang gede. Kayak kagak tau si Pendi aje, tapi boleh dah..nyok..!( bang Mamat dan bang Madi pulang kerumah masing-masing ngambil joran, terus bareng-bareng ke rumah bang Pendi )

Bang Mamat : Assalamualaikum kong Asan..Si Pendi ada kong..?

Engkong Asan : Waalaikum salam..,eh elu Mat..Di..! si Pendi ade noh di dapur. Emang ade apaan nyariin die..?

Bang Madi : Biase kong, mao ngajak die mancing..die lagi didapur..? wah..rajin bangat tuh anak, bantuin enyaknye masak.

Engkong Asan : Boro-boro bantuin masak..! bantuin makan iye..

Bang Mamat : Bujug buneng..! emangnye die kagak puase kong..?

Engkong Asan : Kagak tau dah..! tuh anak emang paling bader..susah banget di bilanginnye, laen ame empok-empoknye. Liat sendiri gih..! ( bang Mamat dan bang Madi nyamperin bang Pendi lewat jalan samping )

Bang Mamat : Astaga Pen..! tengari bolong gini, elu ude buka puase aje. Pan tanggung Pen..bentar lagi juga Maghrib..( bang Pendi rade kaget ngeliat bang Mamat dan bang Madi mergokin die lagi makan )

Bang Pendi : Eh..sorry bang ! abis semalem aye begadang nonton bola, pas saur ketiduran..!

Bang Madi : Ah..emang dasar elunye aje yang kagak niat puase. Pan..kagak saur juga bise puase..!

Bang Pendi : Bukan gitu bang..! aye juga pan..ngikutin ape kate Ustaz. Makanlah sebelum kamu lapar dan berhentilah sebelum kamu kenyang...( bang Mamat dan bang Madi langsung cekakakan )

Bang Mamat : Pen..Pen..bise aje elu ngeles..! yang elu bilang itu..bener, tapi ini bulan puase..kalo laper ya musti ditahan sampe bedug maghrib..

Bang Madi : Iye..lu Pen, ngada-ngada aje. Ya ude..sekarang kite bedue mau mancing, elu mao ikut kagak..?

Bang Pendi : Mancing..? booooleh.., tunggu bentar..! ( bang Mamat dan bang Madi nunggu di depan rumah )

Bang Madi : Eh..elu bawa empan apaan Pen ? kayaknye banyak bangat..( pas ngeliat bang Pendi keluar bawa pancingan ame kantong plastik item )

Bang Pendi : Ini bukan empan bang..! ini lontong ame bakwan buat bekel aye..

Bang Mamat : Busyet dah..! emangnye elu mao mengen-mengenin gue bedue ye..?. Di setu juga banyak yang mancing Pen.., bukan elu aje ! Malu-maluin aje lu..( bang Pendi cuman nyengar-nyengir kude )

Bang Madi : Ya ude Pen.., tapi nanti mancingnye jauhan dikit..( sampe di setu, bang Mamat ame bang Madi duduk sebelahan..bang Pendi duduk jauhan kire-kire 8 meter sebelah betan. Setengah jam duduk..bang Mamat ude dapet ikan 3 biji, bang Madi 2 sedang bang Pendi beloman..)

Bang Madi : Lha..mane Pen..! katenye elu jago mancing, mancing lontong..? ( bang Madi cekikikan )

Bang Mamat : Elu mestinya malu Pen, ikan ditempatlu aje... pade puase ( bang Madi ame bang Mamat jadi ngakak, bang Pendi manyun dan karena kesel..die gantian ngeledekin. Jorannye ditancepin ditanah lalu die buka bungkusan dan makan lontongnye..)

Bang Pendi : Mendingan gue makan dulu dah..! hm..nyam..nyam..enak bangat nih lontong, mau bang..? mau..mau...? ( bang Mamat & bang Madi cuma bise geleng-geleng ngeliat kelakuan bang Pendi. Lagi asik nyaplok lontong, pancingan bang Pendi gerak-gerak ditarik ikan )

Bang Mamat : Eh..Pen ! pancingan lu ditarik ikan tuh..( tereak bang Mamat, bang Pendi kaget sampe keselek lontong. Bingung mau megang pancingan ape mao ambil aer minum..bikin bang Pendi malah kepleset dan kecebur dipinggir setu. Bang Mamat dan bang Madi sempet kaget..lalu buru-buru mao nolongin tapi tetep aje kagak bise nahan tawa, die bedue malah ngakak )

Bang Madi : Ikannye ude pade mao buka puase kali Pen..! nah..die pade ngajak elu nyobain kolek lumut rasa setu ( tereak bang Madi, bang Mamat ngakak...pemancing yang laen juga ngakak. Muke bang Pendi merah nahan malu...)

Selasa, 25 Agustus 2009

NUNGGU BEDUG...( 2 )

Mpok Mumun : Eh...pulang mancing ya bang ? wah..banyak juge nih bolehannye..( sambil nyendokin asinan buat bang Madi )

Bang Mamat : Iye mpok.., biase..! iseng-iseng sambil nungguin beduk. Daripade nongkrong ngomongin orang kaga pugu lagu, ye kan..? ( diamini mpok Mumun )

Bang Madi : Wah iye nih..biar cuma kecil-kecil dapetnye banyak juga.., mancing dimana bang..?( sambil megangin ikan mujaer bawaan bang Mamat )

Bang Mamat : Eh..elu Di..! gue mancing di setu UI, lumayan dah..buat nambah-nambah lauk..

Bang Madi : Empannye pake apaan bang..? aye juga mancing disono kemaren, tapi ikannye kayaknye pade ogah nyaplok empannye..

Mpok Mumun : Pake cebanan bang...! kaga pake repot..kaga pake lama ( sambil ketawa cekikikan )

Bang Madi : Ah..mpok bise aje, itu mah empok..! kalo ngeliat yang merah-merah keluar dari dompet, mulut ude mangap-mangap kayak mujaer..( bang Madi dan bang Mamat ngakak, mpok Mumun manyun ) eh...maaf ye mpok..! cuma becande...

Bang Pendi : Permisi bang...! ( tiba-tiba nyelonong sambil nenteng pancingan ame dua ekor ikan mas dalem plastik)

Bang Mamat : Eh..tunggu..tunggu ! wah..ni ikan gede-gede Pen..mancing dimane ? ( sambil megangin plastik yang isinya ikan mas, bang Pendi cengar-cengir aje )

Mpok Mumun : Wah..hebat lu Pen ! kalah nih..bang mamat..( si Pendi mesem-mesem bangga )

Bang Pendi : Satu, dua, tiga sampailah lima. Maen ke Cilincing membawa kendi...kendi penuh si buah sawo. Jangan curiga jangan menghina, kalau soal mancing tanya si Pendi...Pendi gitu lho...! ( semua pade ketawa cekakakan )

Bang Mamat : Pen..Pen..lagak lu pake mantun segale..! paling juga ntu ikan elu beli dari pasar ( sambil megangin perut nahan tawa )

Bang Pendi : Eitss..sembarangan ! ini kan...( kaga nerusin omongnye pas liat bang Jamin dateng, nietnye mao kabur tapi ikan masnye masih dipegangin bang Mamat )

Bang Jamin : Pen..tungguin !! mau enaknye aje lu, ikannye mau..kerjanye ogah.Nih bawain jalanye..! ( sambil naro gulungan jala ke pundak Pendi. Bang Mamat, Madi dan mpok Mumun bengong en bingung )

Bang Madi : Eh..bang Jamin, nebar jala dimane bang..? ikannye banyak juga tuh..( sambil ngelongok ember penuh ikan )

Bang Jamin : Nebar di empang gue Di..! ni sore anak gue ngajak temennye buka puase bersame, pade mao bakar ikan katenye...!

Mpok Mumun : Lha..si Pendi ngapain tuh bang..

Bang Jamin : Ya..bantuin gue ngumpulin ikan, abis itu gue kasih dua biji. Abis kasian gue.. liat die mancing disetu kagak dapet-dapet. Oooooooh..! ( semua pade kompak, bang Pendi cuma nunduk aje )

Bang Mamat : Eh..Pen ! cari batu didepan rumah, racun berbise diobatin keong. Kalo cuma begitu mah, gue juge bise...monyooooong..! huh...ngurangin pahale puase gue aje lu..!( gemes..sambil nyangkutin kantong plastik dikupingnya Pendi. semua pade ngakak, bang Pendi cuma bise cengar-cengir malu )

Senin, 24 Agustus 2009

NUNGGU BEDUG..( 1 )

Berhubung warung kopinye mpok Mumun tutup di bulan puase, jadi obrolan di warung kopi di ganti sementara ame " Nunggu Bedug ". Moga-moga isi ceritanye kaga ganggu khidmatnye orang yang lagi puase...

Bang Mamat : Eh..kenape elu Pen..? mukelu kusut amat, kayak puase aje..( pas liat bang Pendi lewat di depan pos ronda )

Bang Somad : Iye..Pen ! kalo kaga puase..kaga ape-ape Pen, kaga usah dilemes-lemesin tuh badan ( sambil cekakakan )


Bang Pendi : Ah..bang Mamat ame bang Somat, puase-puase bukannye baca zikir. Ini malah ngeledekin orang..aye lagi pusing nih..! ( bang Mamat, bang Somad ame bang Madi saling pandang.." tumben nih anak ngomong bener..?" )


Bang Madi : Ape yang elu pusingin Pen ! makan tinggal makan..tidur tinggal tidur. Sini duduk..ceritain elu pusing kenape ?

Bang Pendi : Aye pusing..! bulan puase gini ape-ape pade serba mahal. Cabe naek, tomat naek, ayam naek..semua pade naek..!

Bang Mamat : Itu mah ude jamak Pen, dari dulu emang ude begitu. Ntu barang-barang pade naek karena di bulan puase ini permintaan barang meningkat

Bang Somad : Tapi bener juga bang..ape yang si Pendi bilang ! yang bikin gondok..semua juga gara-gara ulah pedagang gede yang pade
nimbun barang..


Bang Madi : Iye bener..! malah biasenye kalo ude naek..pade lupe turun dah. Itu yang bikin pale puyeng ( bang Pendi cengar-cengir.. seneng kalo omongannye di tanggepin )


Bang Mamat : Yah..memang suse kite kalo begitu, kite cume ngarepin pemerintah bertindak cepet, kalo cume ngandelin Operasi Pasar kayaknye kagak cukup. Ya..kite liat aje nanti ! eh..tapi gue bingung Pen.., yang punye duit kan babe ame enyaklu..kenape elu yang pusing..?

Bang Pendi : Bukan gitu bang..aye kan yang sering disuruh enyak buat belanje ke pasar. Nah kalo pade naek semue kagak ade lebihnye dong buat aye..bise-bise aye tekor dah..

Bang Somad : Ya..elah Pen ! kalo ngobyek yang beneran..apa, masa belanjaan enyaklu..elu obyekin juga..

Bang Madi : Iye..masa biangnye kadal..di kadalin ( semue pade ngakak, cuma bang Pendi aje yang keliatan sewot )


Bang Pendi : Ya..ude dah bang..! aye mao pegi dulu..

Bang Mamat : Elu mau kemane Pen..? belum juga bedug Maghrib..

Bang Pendi : Mau ngaji..!! ( sambil ngeloyor pergi, bang Mamat, Madi dan Somad megangin perut nahan tawa. Dalam ati mereka ngucap " lagak lu Pen..! " kemudian nerusin obrolan mereka sampai menjelang maghrib )

Bang Mamat : Eh..ude jam lima nih..! gue balik dah, mau bantuin bini gue nyiapin buka puase..

Bang Madi : Ayo..dah ! eh..sendal gue kemane nih ? ( sambil celingak-celinguk )

Bang Somad : Lha..itu sendal siape..?

Bang Madi : Bukan yang ntu..! sendal gue mah..masih cakep, baru juga minggu kemaren gue beli... Set..dahh ! ini pasti kerjaannye si Pendi nih..( sambil mukul tapak tangannye ke jidat, bang Mamat dan bang Somad cekakakan )

Jumat, 21 Agustus 2009

OBROLAN DI WARUNG KOPI ( 6 )


Bang Pendi : Wah..kemane aje mpok ? lame amat nih warung dibukanye..pale aye jadi sering-sering pusing nih.. kaga ngupi-ngupi

Mpok Mumun : Yah..biase Pen ! kayak kaga tau ajelu..kan besok ude mao puase. Kemaren aye silaturahmi ame orangtue sekalian nyekar ke kuburan engkong di Tangerang. Lagian yang bikin pusing bukannye kaga ngupi, tapi kaga ade tempat ngutang. Iye kan..?

Bang Pendi : Ah..mpok bise aje. Ngomong-ngomong kalo besok puase, nih warung tutup lagi dong..!( sambil nyomot pisang goreng)

Mpok Mumun : Ya iyalah..! siape yang mao nongkrong disini siang-siang..paling-paling elu ! yang kaga kenal puase..

Bang Pendi : Ye..sembarangan aje, aye puase mpok ! taon kemaren pol..kaga ade bolong-bolongnye. Tanye aje bang Mamat..

Bang Mamat : Heh..lagi ngomongin gue ya..? ( baru nyampe ke warung )

Mpok Mumun : Itu si Pendi bang..ngakunye taon kemaren puasenye pol, emang bener bang ?

Bang Mamat : Wah..iye bener mpok, Pendi emang paling top..! taon kemaren cuma dua kali..

Mpok Mumun : Bolongnye..?

Bang Mamat : Bukan..!puasenye yang cuma 2 kali. Sisanye ya gitu deh..pade bolong. Paling kalo ditanya jawabnye lagi M alias males ( sambil cekakakan, bang Pendi cuman mesem-mesem doang )

Mpok Mumun : Pen..Pen..! kaga malu lu ama umur..( sambil geleng-geleng kepale )

Bang Mamat : Ya udeh mpok, sekarang bikinin aye kopi yang paling sip..kan ini hari terakhir. Sekalian dah itung utang-utang aye yang kemaren..

Mpok Mumun : Nah..kebeneran bang ! kalo yang punye utang pade bayar kayak abang, aye bise nambahin modal nih buat dagang kolek ame asinan puase nanti ( bang Pendi mingser pelan-pelan lalu ngeloyor pergi ). Eh..elu mau kemana Pen..? bayar dulu utanglu..!

Bang Pendi : Besok mpok..! ( sambil tereak dari jauh )

Mpok Mumun : Emang dasarlu Pen..! ngomongnye tarsok-tarsok mulu..( sambil pasang muke cemberut )

Bang Mamat : Ya udeh mpok..! kaga usah cemberut gitu..emang ude begitu adatnye si Pendi. Sekalian diitung dah utangnye si Pendi, biar aye yang bayarin. Aye juga mao minta maaf nih..ame mpok juge bang Sanif, barangkali kemaren-kemaren ade sale-sale kate. Mohon dimaafin, biar aye ngejalanin puasenye lebih afdol..

Mpok Mumun : Iye bang..same-same, mohon maaf lahir dan bathin. Moga-moga kite di beri kekuatan buat ngejalanin puase nanti...

Bang Mamat : Amiiiiin....

Kamis, 06 Agustus 2009

PARANORMAL

Sebenernye ini cerite bukan tempatnye disini, harusnye di "hanya ilusi" tapi ngga ape-ape deh. Biar isi blognye rade imbang

Fandi berdiri mematung dengan tangan bergetar, kepalan tangannya serasa mulai berkeringat. Ia berusaha menahan diri untuk tidak mendaratkan tamparannya ke wajah istrinya yang sejak tadi bersimpuh memohon ampun. Deraian air matanya serta isak tangis istrinya itu, rasanya tak mampu menghapus luka hatinya yang tercabik-cabik. Rasa geram dan amarah yang begitu menggelegak menghantar tangannya perlahan-lahan terangkat dan akan di ayunkan ke wajah istrinya itu namun tiba-tiba terdengar tangisan anaknya yang baru terbangun dari tidurnya. Dengan tatapan yang menghiba ia terlihat bersandar pada daun pintu kamar sambil menangis terisak, entah keberapa kalinya anaknya itu memergoki mereka sedang bertengkar. Sontak Fandi melepaskan kaki dari pegangan istrinya lalu lari menghampiri anak satu-satunya itu dan memeluknya.
" Untuk sementara kamu tinggalkan rumah ini, aku sudah muak..!" ujarnya.
" Tapi mas..."
" Sudah sana..! jangan sampai aku berubah pikiran..."
Fandi kembali memeluk anaknya, diciuminya sambil membujuk agar segera menghentikan tangisnya. Tanpa terasa airmatanya ikut menetes, sambil mendekap anaknya..iapun teringat akan rentetan peristiwa yang kini berujung pada kehancuran rumah tangganya.

Semenjak penghuni baru mulai menempati rumah kontrakan yang persis di sebelahnya, ada perasaan yang kurang enak menyelimuti hati Fandi. Layaknya semacam firasat yang memperingatinya untuk hati-hati dan waspada terhadap keberadaan penghuni baru itu. Namun Fandi tak pernah mengungkapkan firasat yang ia rasakan itu kepada Tantri..istrinya, karena ia sendiri berharap firasat itu tidak benar dan iapun tak mau dianggap orang yang selalu berfikiran negatif seperti anggapan Tantri sebelumnya. Dan memang..baru beberapa hari saja, Tantri sudah terlihat akrab dengan tetangga barunya itu. Maklum saja Tantri itu termasuk orang yang pandai bergaul, selain itu pekerjaan sebagai seorang pedagang menuntutnya selalu ramah kepada setiap orang. Setiap orang yang terlihat kemampuan ekonominya cukup memadai dianggap Tantri sebagai aset untuk menjadi salah satu konsumen barang dagangannya. Secara kebetulan pasangan suami istri penghuni kontrakan baru itu ternyata masih satu kampung halaman dengan mereka di daerah Jawa Tengah. Tetapi keakraban Tantri dengan tetangganya itu tidak berlaku bagi Fandi, walau sesekali saling tegur sapa untuk sekedar basa-basi tetapi ia sulit mengakrabkan diri karena firasat itu masih terus menghantuinya.

Minggu-minggu pertama, layaknya detektif partikelir..Fandi selalu mengawasi dan memperhatikan gerak-gerik tetangga barunya itu. Terkadang Fandi jadi malu sendiri dengan tingkah lakunya yang tidak patut itu. Apalagi setelah berjalan tiga bulan sejak tetangga baru itu ada, tak ada sedikitpun tanda-tanda dari firasat Fandi sebelumnya dan tak ada sedikitpun tindakan-tindakan dari pasangan suami istri itu yang merugikan para tetangga maupun keluarga Fandi sendiri. Lagipula keluarga itupun terlihat seperti keluarga yang taat beribadah sehingga sedikit demi sedikit hati Fandi mulai tenang dan firasat buruk yang semapat dirasakan sebelumnya kini ia coba buang jauh-jauh.

Sampai kemudian dibulan-bulan berikutnya, mulai terlihat sedikit perubahan dari keluarga itu yang dirasakan Fandi cukup aneh. Satu persatu dan silih berganti ada saja orang bertamu ke rumah tetangga barunya itu bahkan ada yang sampai menginap beberapa hari. Sebenarnya bagi Fandi itu adalah hal biasa bagi dia karena sebagai orang daerah ikatan keluarga begitu erat apalagi ditempat perantauan. Jadi siapapun yang datang..entah orang tua, paman, keponakan atau siapapun baginya tak menjadi soal yang penting tak ada tindakan dari mereka yang seolah-olah mengganggu ketentraman kehidupan pribadinya.

Suatu hari Tantri menceritakan dengan antusias bahwa salah satu tamu yang menginap di keluarga itu adalah seorang paranormal, paranormal atau dukun..Fandi tak tahu pasti, " apa bedanya..?" pikir Fandi. Menurut Tantri paranormal itu adalah penasihat spiritual dari pasangan keluarga itu. Fandi yang tidak terlalu percaya pada hal semacam itu sempat terkekeh mendengar ucapan istrinya, karena dari yang ia dengar juga lihat di tv..yang punya penasihat spiritual hanyalah para artis yang ingin kemasyurannya tak mudah luntur atau para pejabat yang ingin jabatannya tetap langgeng sehingga ia dapat terus menumpuk hartanya. Tantri melotot saat Fandi menertawakan ucapannya.." Ndeso...!" sungutnya waktu itu, namun ia tetap meneruskan ceritanya dengan antusias. Tantri juga mengatakan bila ia sempat diterawang mengenai berbagai hal dari kehidupan rumah tangga mereka, pekerjaan suami sampai pada kondisi rumah tinggal yang mereka tempati sekarang ini. Sebenarnya Fandi malas mendengarkan cerita istrinya itu, bukan karena ia tak percaya pada hal-hal gaib tetapi ia tidak berminat sama sekali dengan dunia paranormal. Ia berprinsip bahwa jodoh, rejeki dan maut semuanya ada ditangan Tuhan..tinggal bagaimana manusia menyikapi dan menjalani kehidupan itu.

Keengganan Fandi mendengarkan cerita Tantri berbuntut pada kejengkelan, menurut paranormal itu kehidupan rumah tangganya akan selalu ditimpa prahara, pertengkaran-pertengkaran akan selalu datang silih berganti baik pertengkaran yang kecil sampai yang besar. Katanya lagi..rejekinya tak akan lancar sedangkan karirnya tak akan ada kemajuan alias mentok disitu-situ saja, semua itu di sebabkan rumah yang kini mereka tempati juga dihuni oleh makhluk-makhluk ghaib yang keberadaannya membawa pengaruh negatif.
" Lalu apa solusinya..?" tanya Fandi sinis
" Kita harus pindah..mas !" jawab Tantri singkat.
Fandi langsung naik pitam, semudah itu solusi yang ditawarkan oleh paranormal itu. Bayangkan saja, rumah ini ia beli dari tabungan hasil jerih payah dan cucuran keringatnya lalu dengan mudahnya rumah ini divonis tidak layak dan tidak pantas ditempati. Sedangkan pertengkaran-pertengkaran yang sering terjadi memang ia akui, namun itu akibat mereka sama-sama keras kepala terutama istrinya yang selalu mau menang sendiri dan setiap masalah yang ada selalu ditanggapi dengan amarah yang meluap-luap. Andai saja istrinya itu sedikit saja bisa menahan diri barangkali pertengkaran-pertengkaran yang pernah ada seminim mungkin bisa dihindari.

Fandi sendiri seringkali merasa malu bila mereka bertengkar karena setiap pertengkaran yang terjadi segala umpatan dan makian yang terlontar dari mulut Tantri sudah pasti terdengar dan didengar oleh para tetangga. Mengenai karirnya juga tidak bisa dibilang tak ada kemajuan, awal bekerja disebuah perusahaan pembuat sepatu ia hanyalah seorang buruh yang tugasnya hanya menjahit atau memberi lem pada sepatu. Lama kelamaan menjadi operator mesin sampai kemudian satu tahun lalu diangkat sebagai supervisor hingga saat ini. Jelas-jelas salah besar bila karirnya dianggap tidak ada kemajuan.
"semua itu cuma bullshit...!!" ujar Fandi kesal. Tantri hanya diam saja mendengar umpatan suaminya waktu itu, wajahnya merah padam menahan amarah..entah apa yang dipikirkan. Apakah merasa apa yang diucapkan suaminya benar atau kali ini ia tak mau memulai pertengkaran ? hanya dia yang tahu dan kemudian Tantripun meninggalkan Fandi tanpa sepatah katapun terucap dari bibirnya.

Sejak saat itu Tantri tidak pernah lagi membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan paranormal itu, sampai suatu saat Fandi mendengar selentingan kabar dari para tetangga yang membicarakan tentang tingkah laku istrinya yang diam-diam sering bepergian dengan paranormal itu. Bagai disambar petir ketika pertama kali mendengar berita itu, tanpa basa-basi pada suatu kesempatan Fandi menginterogasi istrinya.
" Aku hanya mengantar paranormal itu kerumah temanku yang butuh pertolongan, lagipula apa salahnya aku menolong teman. Jangan terlalu picik pikiranmu mas..!" kilah Tantri ketus menjawab pertanyaan Fandi.
Tapi Fandi tidak dapat percaya begitu saja alibi yang diberikan istrinya itu, apalagi kendaraan roda dua yang susah payah ia kredit untuk membantu kelancaran uasaha dagang istrinya kini lebih sering digunakan untuk hilir mudik mengantar paranormal itu. Sampai pada akhirnya Fandi memutuskan untuk berbicara langsung dengan paranormal itu dan meminta agar tak mengganggu ketentraman keluarganya. Sayangnya saat itu sang paranormal tak kelihatan batang hidungnya, sehingga ia hanya bisa menyampaikan pesan kepada tetangga barunya agar sang paranormal jangan pernah lagi berhubungan dengan istrinya walau dengan alasan apapun juga.

Saat itu Fandi sudah sedemikian marah sehingga ia tak perduli lagi dengan siapa ia berhadapan..mau paranormal atau dukun " masa bodoh..!" pikirnya. Dan ia juga sama sekali tidak takut dia akan diteluh..disantet atau apapun istilahnya , yang terpenting paranormal itu segera angkat kaki dari situ dan sehingga ketentraman keluarganya dapat kembali seperti semula.Dan memang sejak saat itu paranormal itu tak pernah kembali lagi sehingga hati Fandipun berangsur-angsur mulai tenang kembali. Tapi perkiraannya keliru...sangat keliru..!

Kini semuanya telah terjadi, nasi telah menjadi bubur. Ternyata hubungan istrinya dengan paranormal itu masih tetap berjalan dan parahnya lagi hubungannya dengan paranormal itu bukan lagi sekedar hubungan paranormal dengan pasiennya tetapi lebih dari itu. Yang lebih menyesakkan bagi Yogi bukan hanya kehormatan yang telah diberikan istrinya secara cuma-cuma tetapi harta dan uang yang bernilai jutaan rupiah serta terakhir motor kreditan yang belum lunaspun ikut raib tak tahu kemana rimbanya. Namun rasa sakitnya itu tak cuma dirasakannya sendirian, ternyata orang yang didengung-dengungkan sebagai orang pintar, paranormal yang mumpuni ternyata tak lebih daripada seorang penipu ulung. Bukan hanya istrinya yang jadi korbannya tetapi banyak orang lain yang mengalami kejadian yang sama. Fandi hanya bisa menghela nafas panjang, hanya bisa terdiam sambil terus berusaha menghentikan tangis anak dalam pelukannya.


September 2008

OBROLAN DI WARUNG KOPI ( 5 )


Seperti biase..cerite ini cuma buat nanggepin berite yang ade di tv, jangan pade kesinggung dan sakit ati..ye..!

Mpok Mumun : Dari mane bang..? kayaknye lemes banget..( ngeliat bang Mamat baru dateng )

Bang Mamat : Iye nih mpok..abis ngalap rambutannye kong Sapri. Mane banyak bangat semut rangrangnye..lagi, kagak boleh ngeliat kulit dikit..tuh semut maen sosor aje. Bikinin kopi deh..mpok, eh..elu ude ngejogrok disini aje Pen..ude ngopi..? ( bang Pendi ngangguk-ngangguk aje, mulutnye lagi penuh ame singkong goreng )



Mpok Mumun : Segitu sewotnye ame semut..! eh si Pendi mah jangan ditanye..tuh ude ampir abis dua gelas..

Bang Mamat : Set dah..! dokoh amat lu Pen..kebanyakan minum kopi..jantungan lu kayak mbah Surip..

Bang Pendi : Itu mah..mbah Surip aje yang minum kopi kagak pake takeran..bangun tidur minum kopi,aus..kopi, abis makan..kopi. Tapi kasian juge ye..belum lame ngerasain sukses..ude pegi..

Bang Mamat : Umur mah..urusan diatas yang ngatur ! ye..kan mpok ( mpok Mumun ngangguk setuju ). Eh..ade berite baru lagi nih..! denger-denger mba Prita ude sepakat damai sekarang..

Mpok Mumun : Nah..mba Prita yang mane nih bang..? kalo bininye tukang baso aye kagak tau dah..tuh tanya ame si Pendi..!

Bang Pendi : Ya elah..mpok ! segitunye.., paling juge yang diomongin bang Mamat..mba Prita yang ribut-ribut ame rumah sakit. Kalo yang bininye tukang baso mah..emang ude jadi jande. Tapi aye ude kagak maen gitu-gituan dah..!

Bang Mamat : Kaga maen apaan..! orang dienye pulang kampung, kalo masih ade disini mah..gue yakin elu kaga bakalan nongkrong disini Pen..( bang Pendi cengar-cengir ketauan kartunye..)

Mpok Mumun : Kaciaaaan..deh lu !( sambil goyang-goyangin jari telunjuknye )

Bang Mamat : Selain beritanye mba Prita ade juge beritanye pak Antasari mpok.., kabarnye pak polisi belum punye bukti kuat buat jatuhi hukuman..

Mpok Mumun : Oh..yang mantan ketua KPK itu ye..?

Bang Pendi : Lha..bukti apaan lagi sih bang ? bukannye orang yang jadi kaki tangannye ude masuk bui, si Rani yang jadi selingkuhannye juge ude di interogasi.

Bang Mamat : Mane aye tau..! biarin aja dah..itu mah urusannye yang berwajib. Ude gitu sekarang die jadi tambah musuhnye..lagi

Mpok Mumun : Musuh yang mane bang..? para koruptor yang pernah die tangkep ye..?

Bang Mamat : Bukan mpok..! sekarang justru anak buah die sendiri, kemaren waktu disidang..die bilang kalo orang-orang di KPK pade dapet sogokan dari para koruptor..

Mpok Mumun : Wah..bise tambah nih yang masuk bui..! pak Antasari cari temen kali buat maen gaple..di bui ( sambil cekikikan )

Bang Pendi : Ah..itu mah biase mpok ! orang kalo lagi seneng biasenye pengen sendirian..pas susah aje..pengennye ngajak-ngajak..

Mpok Mumun : Iye..persis kayak elu Pen..! giliran punye duit aje..elu sok traktirin jande-jande yang elu demenin. Nah.. giliran boke..kagak punye duit, elu ngutang di mari..( bang Mamat cekakakan.., bang Pendi mesem-mesem malu )

Senin, 03 Agustus 2009

OBROLAN DI WARUNG KOPI ( 4 )


Seperti biase cerite ini cuma imajinasi atawe khayalan, jangan terlalu diambil ati dan maaf kalo ade penulisannye yang agak vulgar

Bang Madi : Tumben nih..mpok ! kagak biase-biasenye nih warung sepi bangat..

Mpok Mumun : Tadi sih..bang Mamat ame si Pendi sempet ngupi disini..tapi terusan ke rumah pak Rt. Emang kalo kagak ade die bedua..warung jadi sepi. Kagak ade yang ngebanyol..

Bang Madi : Emang pade ngapain..kerumah pak Rt..?

Mpok Mumun : Lha..abang emang engga tau ? dirumah pak Rt pan ade penyuluhan cegah flu babi..

Bang Madi : Wah..iye ! aye lupe..ude lame die bedue peginye..?

Mpok Mumun : Emang abang mao nyusul..? yah..ude telat bang..!bentaran lagi..juga pade balik..

Bang Madi : Wah..sayang, aye kagak ikut..! Tapi emang kalo ngomongin flu babi, aye juge rade ngeri dengernye. Bayangin aje..berite terakhir yang aye baca,sekarang ude 416 orang yang ketularan, untung yang mati baru 1 orang

Mpok Mumun : Iye bang..! dipengajian kemaren..bu Rt juge bilang gitu, bu Rt juge bilang kalo kite harus jage kebersihan lingkungan tempat tinggal kite untuk menghambat penularannye. Tapi aye pikir..pemerintah juge kudu sigep, jangan kayak kasus flu burung tempo hari..

Bang Madi : Bener itu mpok..! pokoknye jangan sampai korban flu babi di negare kite lebih banyak daripade negare Meksiko asal muasal penyakit ntu. Kalo sampe begitu..ape kagak malu-maluin. Nah..itu Si Mamat ame si Pendi, tapi kenape si Pendi ditenteng gitu ? ( pundak bang Pendi dipegangin bang Mamat )

Mpok Mumun : Lha..elu kenape Pen..? bibir pade nyonyor gitu..( bang Pendi cume nyengar-nyengar aje )

Bang Mamat : Si Pendi kurang kerjaan mpok..! orang lagi pade serius dengerin penyuluhan flu babi..eh..die malah nyebarin Flu-Tut..

Bang Madi : Wah..flu apaan lagi tuh bang..?

Bang Mamat : Flu kentut..!( sambil nahan tawa ), ude gitu baunye juge minta ampun..bau jengkol..! ( bang Madi dan Mpok Mumun ngakak )

Mpok Mumun : Lagian..elu Pen..! ngada-ngada aje..nah terus bibirnye nyonyor kenape..?

Bang Mamat : Gimane kagak nyonyor..orang kentutnye pas didepan muke bang Kohar yang lagi nunduk di belakangnye..masih untung pade ngelere, kalo kagak bise pade bonyok mukenye..( semue pade ngakak )

Bang Pendi : Ye..! aye kan kagak sengaje. Orang nyeplos sendiri..( sambil nyomot pisang goreng )!

Mpok Mumun : Kan..elu bise tahan Pen..atawe minggir dulu kek..! kalo mao kentut..

Bang Madi : Iye Pen..! belajar sopan dikit..eh elu ngupi dulu deh..gue yang bayarin..

Duuuutt..!!!(tiba-tiba kedengeran suare kentut. Bang Mamat ame bang Madi langsung tutup idung, mpok Mumun huek..huek )

Bang Pendi : Eh..maaf..maaf ! kagak sengaje..( langsung lari ngibrit sambil nyaplok pisang goreng )

Mpok Mumun : Kelewatan bangat lu Pee..en ! ( lari ngejar si Pendi sambil ngacung-ngacungin centong sayurnye, mao ga mao bang Mamat ame bang Madi jadi ngakak lagi )