Senin, 30 November 2009

PELIPUR LARA & PENGOBAT RINDU

Wadoooh..! tiga ari kaga blogwalking, ati bang Pendi jadi ngerenes. Kayaknye separuh jiwanya pergi...jiaaah ! ( maaf ya mas Anang ). Padahal biasanye juga blogwalking cuman pake komputer 2 band he..he kayak radio jadul yang kalo pindah stasiun radio bunyinye kresek..kresek !, atau kalo komputernye ngadat bang Pendi nungguin maling komputer lewat buat dipinjem komputernya. So pasti si maling dengan rela hati minjemin, pikirnye " daripade bonyok !". Malah sekarang si maling kalo abis ngembat komputer, die selalu mampir ke rumahnya bang Pendi..minta diajarin ngeblog..he..he.

Oh..ya ngomongin tiga hari ntu bang Pendi jadi sedih, pasalnye bang Pendi jagain adenye yang sakit abis operasi usus buntu. Operasinye sih lancar tapi sehari abis operasi perutnye jadi kembung dan napasnya sesek. Keadaannye bikin miris... tiga ari abis operasi asupan makanan masih dari selang infus, di idungnye juga dimasukin selang katenye buat nyedot cairan yang bikin kembung, belon lagi di tambah selang oksigen.. duh..! ngga tega rasanye ngeliat penderitaan adenye . Hati bang Pendi sedih, bingung sekaligus deg-degan, pasalnye enyak babe lagi di Arab Saudi ngejalanin ibadah haji. Kalo di kabarin takut ibadahnye jadi keganggu, kaga dikasih kabar..takut kalo ade ape-ape. Yang paling sedih saat adenye ngomong sambil meringis ngelawan sakitnye " bang...masa sih gua mati bang..!?" duuh..bang Pendi rasanye mao nangis bombay ngedengernye.

Syukurlah kondisinye mulai mendingan walau belon 80%, tapi bang Pendi bisa curi-curi kesempatan ( pinjem istilahnye pak Iwan ) buat mengunjungi blog sahabat. Eh...ngga nyangka non Ninneta... kasih award yang mantab punya, bang Pendi seneng banget. Award ntu bagai pelipur lara dan pengobat rindu setelah beberapa hari ngga ngeblog. Makasih ya non...!!



Award dari non Ninneta

Minggu, 22 November 2009

OMNYA BANG PENDI POLISI ?

Hari ini bang Pendi seneng bangat, mpoknye ame abang iparnya dateng pake motor. Nah..akhirnye ade kesempatan buat die buat jajalin naek motor. Bang Pendipun langsung minjem ame abang iparnye walau abang iparnye rela kaga rela minjemin " Wah..bakalan penyok-penyok nih motor gue kayak mukanye si Pendi " pikir abang ipar rade khawatir.
" Emangnye elu ude biase bawa motor Pen.." tanya abang ipar
" Wah..die mah kalo bawa motor ude biase bang, biase mecahin kaca lampu ame matahin stang motor " mpoknye yang jawab sambil cekikikan.
" Ye..elah empok kaga boleh adenye seneng dikit "
" Ye ude bawa sono, tapi awas kalo sampe jatoh motornye !" ujar abang ipar
" Dijamin kaga jatoh dah.. bang , paling juga nyusruk " jawab Pendi asal sambil nyetarter motor

Ude dua puteran ngiderin kampung bang Pendi belon puas, trus die nekat bawa motor ke jalan besar. Baru aje bentaran, die ude nyenggol motor laen. Nyenggolnye sih dikit....tapi masalahnye yang disenggol ntu polisi, jelas aje polisi itu langsung nyetop bang Pendi.
" Heh..kamu ini, sudah tidak becus naik motor ngga pakai helm lagi , mana SIM !?" bentak pak polisi. Bang Pendi gemeteran, die cuma geleng-geleng aje.
" Ngga punya SIM ? kalau begitu mana STNK, jangan-jangan ini motor curian "
" Kaga pak, ini motor om saya. Om saya juga polisi " Bang Pendi ngebohong sekenanye.
" Oh ya..!? siapa nama om kamu dan tugas dimana...?"
" Om saya namanye Sugito pak ! tugasnye di Polsek Lenteng Agung " jawab Pendi asal, dahi pak polisi berkerut.
" Yang bener...jangan bohong "
" Bener pak...sueeeer deh ! tapi bapak jangan ikut-ikut kelakuan om saya dah.. ude orangnye item, jelek dah gitu paling doyan malakin orang. Tapi om saya itu pinter pak, kalau jage di lampu merah die ngumpet. Nah..kalo ade yang ngelanggar baru deh die nongol sambil nyemprit periwitannye. Lumayan dapet sepuluh rebu ampe lima puluh rebu." muke pak polisi langsung merah padam, kayak tomat kematengan.
" Heh...kamu menghina saya ya..!?" bentak pak polisi lagi.
" Lho..ngga pak ! saya ngomongin om saya ko pak "
" Om kamu yang mana ? yang namanya Sugito di Polsek Lenteng Agung cuma saya..nih lihat !" kata pak polisi sambil nunjukin nama di bajunya.
" Busyeeet dah..bise tambah runyam nih urusannye " untung motornye tadi belon sempet di matiin, bang Pendi ngegas motornye dan langsung ngacir diiringi suare sempritan...priiiit...priiiit !!

Senin, 16 November 2009

DIARE...EH.. DIARY BANG PENDI

Bang Pendi uring-uringan lagi, pasalnye ni hari ujan kaga brenti-brenti. Rasanye die ude empet banget ngejogrok di rumah aje, abis...bentar-bentar enyaknye tereak. Peeeen....! benerin genteng bocor. Peeeen..! samperin babalu gih di kebon..( hah..ade-ade aje ! aki-aki manja amat sih pake disamper-samperin. Lagian kurang kerjaan amat ujan-ujan maen di kebon. Bang Pendi ngegerendeng sendiri ). Yang lebih sewot lagi pas enyaknye tereak...Peeeen ! masukin ayam noh...( set dah...! ntu ayam emang pade bader bangat. Padahal die ude ngancem " Kalo elu pade kaga mao balik kekandang sendiri, gue gorok leherlu pade. Eh...ntu ayam cuman pade ngejawab.." Uu..Uuuuuuuuuuuuuuu...!! " ). Wah...pusing dah !

Padahal kemaren-kemaren, waktu die masih ngojek payung. Bang Pendi seneng bangat kalo ujan tambah deres, ngojek payungnye tambah laku. Tapi gara-gara cewe yang die tawarin payung bilang " Ngga ah, sama anak kecil aje..!!", lah.. bang Pendi bingung lalu die tanya " Emangnye kenape neng...?". Si cewe ngejawab lagi sambil cekikikan " kalo anak kecil khan imut-imut, kalo abang amit-amit.. ". Bang Pendi langsung diem klekep, mukanye merah kayak strobery panggang ( Eh...emangnye ade ye, strobery panggang..?). Nah..abis ntu, bang Pendi langsung down. Die kagak semangat 45 lagi ngojekin payung, lagian die juge rade malu berebutan ame anak-anak kecil.

Bang Pendi jadi nyalahin si Axl Rose yang nyanyiin lagu " November Rain ", kalo aje judul lagunye die ganti..pasti bulan ini ujan kaga turun mulu. Bang Pendi juga jadi rade kesel ame enyaknye, die ngerase sebagai anak semata wayang ( Eh..die juga bingung, enkongnye dulu dapet istilah semata wayang darimane ? ape karna matanye wayang cuman atu ? kalo wayang kulit...iye bener ! tapi wayang golek..kan matanye due..). Nah...sebagai anak semata wayang ntu, bang Pendi ngerase kagak pernah di manja. Padahal die pengen di manja atawe butu tati tayang he..he.

Boro-boro dimanje...! die inget bangat waktu pake sepeda babenye terus jatoh nyusruk, sambil meringis kesakitan die mao ngadu ame babenye.
Trus babenye nanya.." Elu kenape Pen..? kaki pade besot gitu ...". Pastinye bang Pendi terus terang...Pendi terang terus ! ( eh..kayak iklan bohlam he..he ). " Anu...be ! aye jatoh dari sepeda " jawab bang Pendi. Eh..bukannye kasian tapi babenye malah ngomel " makanye mata jangan taroh di dengkul...!! ". ( " Busruutttt...!! sejak kapan mate ade didengkul..?" bang Pendi ngedumel ). " Trus..gimane sepedanye, rusak ye ?" tanya babenya lagi.
" Kagak beh...! cuman lecet dikit doang.."
" Ya..syukur dah...!" kate babenye. Bujug dah...! bang Pendi dongkol. Babenye lebih sayang ame sepedanye daripade bang Pendi, nasib...nasib !

Rase-rasenye die jadi kepengen punye enyak kayak mpok Rani, soalnye ade isu kalo die punye tabungan 300 milyar. Busyet..300 milyar !?.  Kalo di beliin ikan peda atawe jengkol, dapet berape karung ya..?. Masa bodo dah itu duit darimane, dari pak Antasari ape dari pak Nasruddin. Yang penting kalo mpok Rani jadi enyaknye, bang Pendi jadi keduman jajan banyak. Paling kagak sehari dapet jajan satu jute, kagak kayak sekarang. Kagak mungkin dah...! abisnye kembalian beli garem aje di tanyain. Gimane mao kasih duit jajan banyak, seperak juga kaga acan-acan.
" Peeeen..!" Tiba-tiba enyaknye tereak lagi. Ngagetin bang Pendi yang lagi ngelamun.
" Apaan lagi sih nyakkk..." tanya bang Pendi rade kesel.
" Elu mao ngupi..? kalo mao kopi bikinannye mpok Mumun, sono gih beli..!. Tuh...duitnye ambil di gerobogan..!" kate enyaknye .
Bang Pendi mesem-mesem malu " ternyate..enyak sayang ame gue " pikirnye. Die langsung cium tangan enyaknye berkali-kali, Enyaknye ampe bingung " Ude sarap kali nih anak...?" pikir enyaknye bang Pendi.

Kamis, 12 November 2009

OBROLAN DI WARUNG KOPI ( 10 )

Bang Somad  :  Eh..mpok ! ude denger belon kalo ade isu kiamat ude deket lagi. Kire-kire taon 2012 ( sambil nguyup kopi )

Mpok Mumun  :  Ude bang...aye juga jadi takut, apelagi tanda-tandanye ude keliatan. Gempa dimane-mane..

Bang Somad  :  Nah..elu Pen, ude siap belon kalo taon 2012 kiamat bener-bener dateng ( bang Pendi yang lagi asik ngeganyem singkong goreng, kaga ngejawab ). Heh...! elu makan singkong aje serius amat...

Bang Pendi  :  Hah...apaan, Ki Amat !? siape die ? kapan die mao dateng, emang mao ngapain ? ( tanya bang Pendi dengan tampang bloon )

Mpok Mumun  :  Kiamat odoooon...! bukannye Ki Amat. Kiamat ntu, hari dimana semue yang ade di bumi ini kaga ade lagi yang kesise. Kite-kite pade koit semue...

Bang Pendi  : Yah..si mpok ! kiamat aje dipikirin. Lagian bukannye si mpok ame bang Somad ibadahnye kaga pernah putus, ngapain takut ! ( bang Somad ame mpok Mumun saling pandang " bener juge nih anak !" )

Bang Mamat  :  Bener tuh kate si Pendi. Isu kiamat ntu kaga usah dipikirin, anggap aje itu peringatan buat kite kalo mulai sekarang kite kudu jadi orang yang bener...ibadahnye yang bener. Kalo soal mati mah, kaga usah nungguin kiamat. Kite lagi ngobrol enak-enak gini terus ade yang kejet-kejet mane kite tau...!

Bang Somad  : Bener sih bang, tapi bukannye aye sombong..justru aye mao tanya ame si Pendi dah siap belon. Soalnye setau aye, die kaga pernah sholat apelagi beramal..( sambil mesem-mesem )

Mpok Mumun  :  Si Pendi mah boro-boro beramal, orang ngupi disini aje ngutang mulu ( sambil cekikikan )

Bang Pendi  :  Ya elah mpok..! jangan ngeliat dari luarnye aje dong, sekali-kali liat juge dalemnye...

Bang Somad  :  Dalem yang mane Pen..? badan pade burik gitu elu bangga-banggain ( bang Somad cekakakan )

Mpok Mumun  :  Hiiiiii...!! ogah ah.... ( dengan mimik jijik )

Bang Mamat  :  Ude deh ah...! kaga usah ngomongin kiamat lagi, yang penting nikmatin aje ni kopi sekalian nikmatin hidup...ye nggak !? ( belon lagi dijawab ngomongan bang Mamat, tiba-tiba nongol si Pian anak tetangga sebelahnye bang Pendi )

Si Pian  :  Bang Pendi...! dicariin nyak Asiah, kayaknye lagi ngamuk-ngamuk noh..!!

Bang Pendi  :  Astage..!! aye kelupaan, wah...mampus dah gua...! ( ujar bang Pendi dengan tampang ketakutan )

Nyak Asiah  :  Pen....Pendiiiiiii..!! jadi anak kebangatan bangat lu ya..Disuruh beli garem malah nongkrong disitu. Awas lu ye...!! ( Nyak Asiah beberekan )

Bang Pendi  :  Iye nyak..!! bentar...( langsung ngibrit ninggalin bang Mamat, Bang Somad ame mpok Mumun yang cekakakan )

Bang Somad  :  Nah loh..! kiamatnye si Pendi ude dateng tuh...( pade cekakakan lagi )

Senin, 02 November 2009

MOTOR BARU BANG SARMILI

Sebenernye cerpen ini ude pernah aye posting di blog hanya ilusi, tapi yang ini aye bikin agak beda dikit dari yang kemaren. Aye sekalian belajar buat cerita dengan satu tema tapi dengan beberapa ending yang berbeda, lumayan biar keliatan blognye di up date...he..he

" Elu kenape sih Mun? dari tadi gua liat mukalu ditekuk aje" tanya bang Sarmili melihat wajah mpok Munah yang cemberut. Mpok Munah tak menjawab, ia menyibukkan diri merapihkan piring-piring kotor sisa makan pelanggan nasi uduknya. Bang Sarmili hanya bisa geleng-geleng kepala melihat tingkah laku istrinya dan iapun tak berminat meneruskan pertanyaannya karena bila sedang ngambek seperti ini biasanya sekali saja kata-kata yang keluar dari mulut mpok Munah bagai petasan gantet alias nyerocos terus dan lama berhenti, malah hanya akan membuat kepala bang Sarmili tambah pusing. Bang Saminpun meneruskan menikmati segelas kopi pahit ditemani beberapa potong ubi goreng yang tak habis terjual. Bang Sarmili sebenarnya tahu apa yang membuat istrinya bersikap seperti itu, semua gara-gara keinginan mpok Munah memiliki sepeda motor yang sampai saat ini belum kesampaian.

Bukan bang Sarmili tidak mau menuruti kemauan istrinya itu tapi ia masih berpikir seribu kali. Memang sudah banyak dealer motor yang menawarkan kemudahan kredit motor tanpa uang muka tapi bagaimana dan darimana uang untuk membayar cicilan motor itu nantinya yang membuat bang Sarmili pusing tujuh keliling." mau bayar pake ape? buat makan sehari-hari aje masih ngos-ngosan" ujar bang Sarmili dalam hati. Bang Sarmili sendiri sebenarnya punya keinginan yang sama dengan istrinya, dia juga sudah punya rencana bila sudah memiliki motor akan memanfaatkannya untuk cari uang dengan menjadi tukang ojek seperti beberapa tetangganya. Karena pekerjaannya sebagai tengkulak atau penjual buah-buahan sudah tidak dapat diandalkannya untuk menopang hidup keluarganya, seiring makin padatnya pemukiman penduduk yang berimbas makin berkurangnya pohon-pohon buah dikampungnya. Kini jarang sekali ia menemui pohon-pohon seperti durian, rambutan, kecapi, manggis, nangka ataupun pohon melinjo. Padahal sewaktu kecil semua jenis pohon tersebut tumbuh subur disekeliling rumahnya. Ia juga ingat bila musim durian datang, saat masih berbunga ia bersama adik-adiknya, sepupu juga tetangganya saling berlomba mengumpulkan bunga-bunga durian yang berjatuhan. Kemudian bunga-bunga yang telah dibersihkan diserahkan ke ibunya untuk dijadikan sayur tumis sebagai lauk pauk. Juga saat buah durian mulai besar dan matang, bila tengah malam terdengar suara berdebum dari arah pohon durian bang Sarmili dan adik-adiknya saling berlomba mencari buah durian yang jatuh. Dan bila buah durian sudah didapat biasanya langsung ludes dilahap beramai-ramai malam itu juga, kini kenangan seperti itu tidak akan pernah terjadi lagi. Jangankan merasakan masa-masa seperti yang pernah ia alami, mengenal bentuk atau mengecap rasa buah durianpun anak cucunya nanti belum tentu tahu bila tidak membelinya.
" Eh..bang! bukannye ngebantuin, malah bengong disitu ".
" Ah..elu Mun. Ngagetin gue aje.."
" Nih..bang!, bantuin beresin. Aye mau belanja ke pasar buat besok, ntar kesorean. Coba kalo punya motor, kan enak..!. Aye ngga perlu lagi naek turun angkot. Lagipula bisa cepet bang ".
" Motor lagi..motor lagi yang elu omongin. ngga ade yang lain apa ?"
" Udah ah..sebodo !" ujar mpok Munah sambil ngeloyor pergi dengan menenteng keranjang belanjaan meninggalkan bang Sarmili yang hanya bisa geleng-geleng kepala.


* * * * * * * * * *

Hari masih pagi, namun gang di depan rumah bang Sarmili sudah ramai hilir mudik sepeda motor para warga yang akan berangkat kerja juga ibu-ibu yang mengantarkan anaknya sekolah. Mpok Munah terlihat sibuk melayani para pembeli nasi uduknya, biasanya mereka membeli nasi uduknya mpok Munah untuk sarapan pagi dirumah namun ada juga beberapa warga yang makan ditempat sekalian berangkat kerja seperti bang Minan dan bang Nasir yang sedang asik menyeruput kopi panasnya.
" Bang Sarmili kemana mpok? dari tadi kagak keliatan batang hidungnye " tanya bang Nasir sambil meniup-niup pisang goreng yang masih panas.
" Kagak tau tuh, abis bantuin aye nyiapin dagangan die langsung ngeloyor pergi. Nggak tau kemana ".
" Emangnye kagak bilang-bilang mpok ?"
" Ya..bilangnye sih ade urusan. Tadi di samperin si Mamat "
" Si Mamat adenye ?"
" Iya..Mamat mana lagi"
" Mau ikut kerja kali.. mpok, ane denger si mamat kan udah enak sekarang " sahut bang Minan.
" Ya..syukur kalo emang gitu, daripade ngejogrog aje disini cuma ngabisin dagangan aye "
" Segitunye...!" ujar bang Minan dan Nasir hampir bersamaan. Mereka kembali menyeruput kopi sedang mpok Munah sibuk melayani pembeli yang lain.

Hari sudah menjelang siang, azan djuhurpun sudah berkumandang beberapa menit yang lalu. Matahari sudah berada diatas ubun-ubun kepala dan memancarkan sinarnya yang panas menyengat, tapi bang Sarmili belum juga kelihatan batang hidungnya. " Kemana ntu orang ?, kagak sari-sarinya" tanya mpok Munah dalam hati, sambil menggerutu sendirian mpok Munah membereskan barang dagangannya. Tak berapa lama kemudian mobil kijang pick-up putih berhenti dan parkir didepan rumahnya.
" Mun..!" teriak bang Samin memanggil istrinya sambil keluar dari pintu depan mobil. Mpok Munah langsung menoleh ke arah suara.
" Eh..ada apa bang ?" tanya mpok Munah sedikit terkejut.
" Ayo..! elu liat deh.. Mun " ajak bang Sarmili sambil menarik lengan mpok Munah ke belakang mobil. Diatas bak mobil terlihat sebuah motor baru warna biru menyala terikat tali tambang.
" Eh..! bagus amat ntu motor, punya siape bang ?".
" Ya..motor gue Mun..motor kite!"
" Ah..yang bener bang ? abang nyolong dari mane ?"
" Husss..sembarangan aje lu ngomong, ini motor kreditan ! baru gue ambil dari dealer.." ujar bang Sarmili diiringi senyum orang-orang dealer yang sedang membuka tali ikatan motor. Hati mpok Munah langsung berbunga-bunga karena akhirnya keinginan untuk punya motor sudah terkabul. Namun ada yang masih mengganjal dihati mpok Munah, dia langsung menarik tangan suaminya menjauh.
" Abang dapet duit darimane?"
" Ya..elah Mun..! yang penting maulu kan udeh gue turutin "
" Bukan gitu bang..aye kan kagak mau kalo abang sampe ngapa-ngapain buat beliin aye motor "
" Pokonye tenang aje deh ! si Mamat minjemin gue duit buat uang panjer, tapi cicilannya kite yang bayar "
" Oh...gitu !" ujar mpok Munah agak lega setelah mendengar penjelasan suaminya. Lalu mpok Munah mendekati motor baru yang sudah diturunkan dari mobil dan mengelus-ngelusnya. Tak lama kemudian, para tetangga terutama ibu-ibu dan anak-anak datang berkerumun untuk melihat motor barunya bang Sarmili. Anak-anakpun mulai bersorak-sorak.
" Motor baru...motor baru..!" sorak mereka sambil tertawa cekikikan. Mpok Munah senang bukan kepalang, saking senangnya sore hari ia meminta bang Sarmili untuk keliling kampung untuk mencoba sekaligus memamerkan motor barunya pada para tetangga. " ah..elu kayak anak kecil aje. Pake pamer-pamer segala " umpat bang Sarmili, walau begitu tetap saja bang Sarmili menuruti keinginan istrinya itu.

Keesokan harinya dengan berbekal sisa uang pemberian Mamat adiknya, bang Sarmili pergi ke pangkalan ojek di stasiun kereta api Universitas Indonesia Depok. Menurut bang Saiful tetangganya yang sudah lebih dahulu menjadi tukang ojek disana, pengojek baru di wajibkan membayar iuran pendaftaran sebesar dua ratus ribu rupiah. Menurut mereka itu sebagai simpanan paguyuban para tukang ojek yang mangkal disitu. Bagi bang Sarmili sendiri itu tak jadi masalah yang penting ia bisa cari uang untuk menambah penghasilan juga untuk membayar cicilan kredit motornya. Walau belum ada nomor polisinya, bang Sarmili tetap nekat memulai jadi tukang ojek lagipula ia mengojek masih dilingkungan universitas Indonesia kalaupun ada paling jauh ke Pondok Cina Kukusan. Karena penumpangnya kebanyakan mahasiswa atau warga Pondok Cina Kukusan yang pulang pergi kerja naik kereta api. Bang Sarmili bersyukur pihak Universitas Indonesia masih memberi kelonggaran kepada warga termasuk dirinya untuk menjadi pengojek dilingkungan kampus, walau lingkungan kampus yang sangat luas itu menjadi ramai oleh hilir mudiknya para tukang ojek melintasi jalan-jalan sekitar kampus. Dan kondisi tersebut menjadi perhatian ekstra bagi satuan pengaman kampus karena tak jarang terjadi peristiwa-peristiwa kriminal yang menimpa mahasiswa-mahasiswinya seiring bebasnya keluar masuk warga dilingkungan kampus.

Hari pertama bang Sarmili mengojek, dua puluh lima ribu rupiah mampu dikantonginya. Setelah dipotong uang bensin dan rokok, bang Samin masih bisa menyisihkan sebagian untuk ditabung. Itu yang membuat mpok Munah terlihat makin sayang pada suaminya seperti yang terlihat pada sore ini. Setelah membuat segelas kopi, mpok Munah langsung memijat-mijat punggung bang Sarmili yang rada pegel.
" Bang..! sekali-kali aye diajarin bawa motor kek " rajuk mpok Munah disela-sela pijatannya.
" Ya..elah Mun, gue pikir elu sayang.. mau mijit-mijit gue. Eh..ada maunye !"
" Ye..abang! emangnye ngga boleh?".
" Boleh-boleh aje Mun..tapi ngapain sih. Kalo elu bisa, emangnya mau ngapain ? kan ntu motor tiap hari gue pake buat ngojek "
" Kalo aye bisa naek motor sendiri kan enak bang. Coba kalo abang sakit, emang abang bisa nganterin aye belanja?"
" Busyet..elu nyumpain gue sakit Mun..?"
" Ya..kagak gitu bang, aye kan bilang seumpama.."
" Udah deh ah..! gue mau mandi. Tambah gerah aje badan gue denger ngomongan lu " ujar bang Sarmili sambil ngeloyor pergi meninggalkan mpok Munah yang pasang tampang asem.

Tapi bang Sarmili nggak tega juga melihat istrinya tiap hari cemberut sebelum keinginannya terkabul. Akhirnya pada hari minggu pagi bang Sarmili mengajak istrinya ke kampus UI untuk mengajarinya naik motor, kebetulan kegiatan kampus agak berkurang dan para pekerja banyak yang libur sehingga ia tak merasa begitu rugi bila tidak mengojek hari itu. Setelah beberapa kali bolak-balik masih dipegang oleh bang Sarmili akhirnya mpok Munah dilepas membawa motor sendiri. Kelihatannya mpok Munah cepat bisa mengendarai motor sendiri walau masih kelihatan keseimbangannya belum mantap benar alias masih goyang, sudah dua kali putaran mpok Munah mengendarai motor sendiri tanpa terjatuh. Bang Sarmili masih dengan sabar menunggu mpok Munah mengendarai motor sampai puas, tapi pada putaran yang ketiga ini mpok Munah dirasanya lama sekali tak kelihatan. Bang Sarmili kelihatan mulai gelisah, sebentar-sebentar ia bangun dari duduknya. Ia masih mencoba menunggu namun setelah sebatang rokok habis dihisapnya sedang mpok Munah belum juga kelihatan, bang Sarmilipun menjadi khawatir kalau-kalau istrinya jatuh atau menabrak sesuatu. Dia pun berjalan mengikuti jalan yang dilalui mpok Munah, hati bang Sarmili gundah antara kesal dan khawatir bercampur jadi satu. Satu persatu orang yang lalu lalang dengan sepeda motornya ia tanya perihal istrinya namun sayangnya tak ada yang tahu karena memang tak mengenal mpok Munah.

Setelah sekian lama berjalan, dari kejauhan dilihatnya beberapa orang berkerumun. Bang Sarmili segera mempercepat langkahnya, rasa khawatirnya makin menjadi-jadi dan itu menjadi kenyataan. Dilihatnya istrinya duduk sambil menangis dikelilingi beberapa orang yang coba membujuknya, begitu dilihatnya bang Sarmili datang tangisnyapun semakin menjadi-jadi.
" Maafin aye bang..maafin aye!" ujar mpok Munah sesegukkan.
" Maafin apanye.. ? motor kita mane ?" tanya bang Sarmili sambil matanya jelalatan mencari-cari motornya. Mendengar pertanyaan suaminya mpok Munah bukannya menjawab malah tangisnya makin kencang. Bang Sarmilipun makin bingung dibuatnya apalagi motornya juga tak kelihatan.
" Motornya dibawa kabur orang..bang! si mpok ketipu!"
" Dibawa kabur ? gimane ceritanye Mun ?"
" Ta..tadi ada orang pake pakean polisi bang. A..aye di stop karena motor belum ada nomer polisinye, dah gi..gitu aye kagak punya SIM " jawab mpok Munah terbata-bata.
" Lha.. emangnya elu ngga bilang kalo lagi belajar "
" Bi..bilang bang. Tapi aye ta..takut, kata polisi ntu.. aye mau dipenjara "
" Terus motornye mane ?"
" Di..dibawa orang itu, katanya kekantor polisi buat barang bukti "
Bagai disambar geledek mendengar penuturan istrinya, wajah bang Sarmili serta merta menjadi pucat dan dengkulnya mendadak lemas. Bang Sarmili tak tahu harus berbuat apa. Mau menagis rasanya malu, mau marah juga tak ada gunanya lagi.
" Ya..elah Mun..Mun! belum juga seminggu ntu motor. Apes bangat dah.., gua !" ujarnya sedih.