Halaman

Senin, 18 Januari 2010

BANG PENDI KERJA EUY..! ( BAG.2 )

Ni hari ude seminggu bang Pendi kerje ame engkoh Achong, pagi ini sambil bersiul-siul di kamar mandi bang Pendi cukur bulu keteknye pake piso ( pisau ) dapur enyaknye..( bujug buneng...!! ). Mane piso ntu pudul ( tumpul ) banget lagi, die kerok sekenceng-kencengnye ntu bulu kagak rontok-rontok juga...eh yang ade juge dakinye ( kotoran ) yang ke kerok, kalo dikumpulin mah...ade kali satu ember..! he..he...

Lagi asyik-asyiknye ngerok ntu ketek, enyaknye tereak-tereak dari luar.
" Pendiiiii...elu bawa piso enyak...!!?" ( set dah...ntu nenek-nenek beberekan bae...( teriak2 aja ) kayak kaleng rombeng ( butut ) pikir bang Pendi sambil tutup hidung..eh..tutup kuping maksudnye...)
" Iye...nyak..!!" bales tereak.
" Emangnye elu mao ngapain mandi pake bawa piso segale, emangnye punyelu mao lu kebiri...!?" ( Aiiiiiihhhh...! enyak sekate-kate kalo ngomong, orang cuman atu-atunye mao dikebiri...bise-bise kagak ngerasain surge nanti..he..he )
" Cepetan Peeen...! enyak mao nyiangin ( potong ) ikan nih..." ( Wah..wah..wah..!! bise-bise ikan yang mao disiangin ude pade kabur duluan tuh, gare-gare kagak tahan nyium piso yang bau keteknye bang Pendi...huek...huek...!! )

Nggak lame bang Pendi ude rapi jali, pake sepatu item yang ude mengkilat disemir pake cuh..cuh..!, kemeja tangan panjang terus bawa ransel. Karena bang Pendi punya moto.." Walau cuman kuli panggul beras, yang penting kesan pertama begitu menggoda...selanjutnye terserah anda.." ( terserah mao digebukin kek..., dilemparin batu kek....he..he ). Sebelum ke tempat kerja, bang Pendi nyempetin minum kopi di warungnye mpok Mumun.
" Gud morning..epri badi...!!" kate bang Pendi pas masuk warung.
" Lagulu pera Pen...kayak beras pegawai negri...!! bales mpok Mumun ( bang Pendi cuman mesem-mesem )
" Wah..wah keren amat lu Pen...!?" tanye bang Somad
" Yoiii..., yang penting penampilan bang, biar cuman luarnya doang. Kalau dalemnye biar bini aye aje yang tau.."
" Binilu yang mane...?"
" Bini siape kek...yang penting bukan bininye onta !" jawab bang Pendi sekenanye sambil nyomot pisang goreng dan pesen kopi. Abis ngopi segelas ame makan ubi goreng dua ( dua belas maksudnye...he..he ) yang kali ini die bayar lunas, die langsung mao cabut.
" Eh lupa...! aye punye pantun nih..." Kalo ade sumur di ladang, boleh kite menumpang mandi...kal..." ( belon selese pantunnye, tibe-tibe mpok Mumun nyautin )
" Sekarang kagak jamannye lagi Pen..numpang !, mao ngapain aje..sekarang mah kudu bayar..." ( saut mpok Mumun sambil cekikikan, bang Somad ngakak...bang Pendi manyun sambil ngeloyor pergi )
" Lha...Pen, pantunnye kagak diterusin..!? tanya bang Somad sambil cekakakan.
" Kagak...!! ude kagak lucu...." jawab bang Pendi sewot.

Sampe ditoko, bang Pendi langsung ganti baju dinasnye yaitu kaos buntung ame celane sedengkul ( bekas celane babenye yang die potong ). Selesai manggulin beras, koh Achong nyuruh bang Pendi jage didepan buat ngelayanin yang beli. Sebab si engkoh seneng, kalo bang Pendi didepan..banyak ibu-ibu yang pade dateng belanje. Ibarat kate.." disitu ade bangke..disitu banyak laler...he..he maksudnye ade gule ade semut..". Si engkoh aje kadang-kadang sampe heran, ade aje akalnye si Pendi buat narik perhatian...dari ngomong rade ngeres sampe nyanjung-nyanjung...seperti kayak gini...pas mpok Surti lewat..

Aku bagaikan kupu-kupu diatas mata air
Ingin rasanya kuminum....tapi aku takut tenggelam
Engkaulah mata air...mata air cinta...
Ijinkanlah kuminum walau setetes saja
Berikan kesejukan pada diriku ini 
Yang lama ditinggalkan pergi....

( Bang Pendi nyanyi lagu dangdut, suaranye mendayu-dayu..turun naek kayak bawa mobil dijalan yang banyak lobangnye...he...he ). Koh Achong seneng sekaligus heran karena mpok Surti mampir dan nggak marah dinyanyiin kayak gitu, ini yang bikin si Jabrik ngiri dan ngotot gantiin bang Pendi didepan...
" Sekali-sekali gue Pen..yang ngadepin cewe. Emang elu doang yang bise...! elu mingseran ( minggir ) dikit dah..." kate si Jabrik sambil ngeludahin tangannye...cuh...cuh ! buat ngebasahin rambutnye yang jabrik, bang Pendi cuman nyengar-nyengir aje.
" Gini nih Pen...tampang yang pantes jadi idola, jangankan ibu-ibu...abg juga bakalan klepek-klepek ngeliat gue.." si Jabrik nyombong.
" Eh brik...!! buah pace..buah mengkudu, gua aje yang kece kagak belagu ( takabur ) kayak elu..."
" Ude deh...sono lu..!!"
" Iye...iye..! gua pengen liat..." jawab bang Pendi sambil nyari tempat duduk di tumpukan beras.

Nggak lame lewat mpok Salma yang emang tersohor paling bahenol di seantero kampung, bang Pendi ampe nyesel mao digantiin ame si Jabrik. Sekarang die cuman bise nelen ludah...
Si Jabrik ude pasang kude-kude ( kayak mao balap lari aje...he...he )

Duhai rembulan malam
Datanglah padaku...hampiri diriku
Sinarilah jiwaku...hangatkanlah kalbuku..

Koh Achong ame bang Pendi sempet bengong dan saling pandang, ngga nyangke si Jabrik bisa bikin puisi. Tapi tiba-tiba mpok Salma nyamperin si Jabrik dan langsung..." Plak....plak..!!" tamparan mendarat di mukanye...
" Kagak tau gua lagi mumet ya...!!? siang-siang ngomongin bulan, lagian enak aje lu nyamain muke gue kayak bulan yang bopeng-bopeng ( tidak rata ) kayak gitu. Gua bilangin laki gua baru tau rasa lu..."
Bang Pendi yang tadi sempet kagum langsung ngakak dan guling-guling diatas tumpukan beras sambil terkentut-kentut, si Jabrik nyengir-nyengir kuda nil sambil nahan sakit pipinye.

36 komentar:

  1. hiahaha, Bang Pendi ada" aja dah
    sok puitis, udah gitu pake acara cukur ketek pake piso lagi XD
    ga berdarah tuh?

    BalasHapus
  2. ha ha ha ha ha .....pagi-pagi sarapan plak plak plak..ora enak tenan! puisinya sip bang! selalu ada keceriaan disini, obat stress!

    BalasHapus
  3. Emang si Jabrik gak tahu ya kalau bulan itu bopeng-2..?

    BalasHapus
  4. he hehe...jorok ih, masa nyukur bulket pake piso dapur. iih..jooooooroook...terus, itu si Pendi tumben bisa ngerayu cewek. jadi si jabrik yg sial mulu sekarang nih.

    BalasHapus
  5. oh...salah juga tuh, kalo mau hangetin jiwa jangan minta rembulan tapi minta ke matahari jam 12 siang!!

    BalasHapus
  6. Wahahahahaha ...
    Bang pendi bisa aje nih ngebanyolnya

    BalasHapus
  7. hehe, maap bang pendi, aye baru bisa bersuara lagi...hihi
    siip dah, mampir sini jadi bikin ngakak sendiri...lain kali nyukurnya jangan pake pisau ya, pake gergaji pohon yang gedhe 'ntu lho..lebih mantep kalii, xixixi...

    BalasHapus
  8. aku ga' bisa konsen baca'y lagi brokent heart si..
    jD hnya bisa baca 2 bait...
    padahaL awaL'y dah lucu tp sayang bayang'y dya sLaLu mnghntui...

    BalasHapus
  9. ade2 aje bang pendi ntuh

    BalasHapus
  10. wkwkwkwkw.. Bang Pendi Bang Jabrik, jadi pengen ketemu ama meraka aku, :))

    BalasHapus
  11. Hehehe,, lucu ya..!

    BalasHapus
  12. bang pendi beli cukuran dong!
    bisa gilaaaa....masa pake piso?!
    hahahhaay

    BalasHapus
  13. selalu lucu nih si bang pendi.. hahahha mojadi kulia aja pake sepatuuu...

    BalasHapus
  14. Busyet deh, Pendi nyukur ntu ketek pake pisau dapur enyaknye, hueks. Bise-bise masakan nyaknye Pendi asem semua baunye, hehe. Tapi salam aje Noor buat Pendi, kerje yang rajin ye.....

    BalasHapus
  15. Wakakakaka...
    Ternyata Bang Pendi bisa juga dangdutan..
    ikut dong..
    mata air Cinta.....

    BalasHapus
  16. ha ha ha ha pisaunya buat iris makanan, wao masakannya sampai bau.......!qiqiqi

    BalasHapus
  17. salam sobat
    wah kok pakai pisau sih cukurnya,,
    bisa saja bang Pendi,,
    kan buat iris sayuran tuh,,

    BalasHapus
  18. bang pendi ngilpilin nyukur bulu ketek pake pisoo!!

    BalasHapus
  19. ya ampoonn...
    ga pake celurit sekalian bang cukurnya ?
    hahahaha

    BalasHapus
  20. Kali ini ternyata yang sial bukannye Bang Pendi melainkan Si Jabrik. Hehehehe.....

    BalasHapus
  21. biar kuli panggul tetep narsis tuh bang pendi

    BalasHapus
  22. he he he..apa kate mpok mumun bener juga, sekarang bukan jamannya numpang. apa2 mesti bayar. pinter tuh.

    BalasHapus
  23. dah selsai baca kok belum tamat yah, kapan happy endinya nih??

    BalasHapus
  24. @ mas Fi : wah...tamatnya belum tau kapan mas..! kalo masih bisa nulis & masih punya ide mungkin ngga tamat2..he..he

    BalasHapus
  25. Kunjungan pertama ni jadi kaga koment dulu de.
    Salam kenal aja dulu :)

    BalasHapus
  26. wah saya gak pasih-pasih amat mas berbahasa betawi hehe. mudeng sih artinya cuma mbacanya perlu agak lama hmmm. gak apa-apa deh salam adem ayem dari udienroy di jambi

    BalasHapus
  27. bang pendi suka dangdutan yeee....

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum,
    Salam kenal juga, terima kasih telah berkunjung ke Blog saya, semoga silaturahim kita selalu terjaga (Dewi Yana)

    BalasHapus
  29. salam sobat
    cerita bang Pendi ngga ada habisnya ya,,
    ini saja Pendi kerja bagian 2,,mungkin ada bagian lanjutannya ya,,

    BalasHapus
  30. waduh, kasihan ya jabrik... ;-D

    BalasHapus
  31. @ Bu Nura : mungkin saja bu, asal masih ada ide bisa bersambung ceritanya...

    BalasHapus
  32. link mu dah dipajang ya, Noor. maaf..aku lupa. abis terlalu byk sih.

    BalasHapus
  33. hhahaha, cukur ketek dapet daki.... btw headernya kok error mas?

    BalasHapus
  34. wah, nagih ni ceritanya. bikin ketagihan. bikin serial bang pandi aja tuh. logat betawinya mantab...ayo, bikin lagi.

    saya juga udah link ini. makasih ya. moga bisa saling berkunjung lagi.

    BalasHapus
  35. salam sejahtera
    tulisannya menarik dan lucu
    ternyata suka dangdut

    BalasHapus