Jumat, 17 Juni 2011

IDENYA BANG PENDI

Baca postingan temen, Bang Pendi mikir. Iye..ye, taon 2014 ude di depan mata, masa pemerintahan Pak SBY ude deket-deket lagi mao abis tapi kayak-kayaknye masalah korupsi di negara ini bukannye pade ilang tapi kayaknye tambah merajalele, hehe.

Susah juga emang buat ngeberantasnye, klo temennye Bang Pendi bilang sih sebenernye maling atawe koruptor ntu terbagi menjadi 2 type :

1. Type maling/koruptor yang melakukan kejahatannya karena terpaksa atau karena kebutuhan hidup. Kalo maling kecil mungkin buat makan keluarganye tapi kalo koruptor barangkali merasa kurang terus karena gaya hidup. Walau gajinye gede, tapi anaknye yang satu minta beliin BMW, anak satu lagi minta Mercedes, bini tua minta beliin rumah baru, bini muda minta beliin kapal pesiar, selingkuhan minta jalan2 ke Paris. belon lagi ngejar setoran buat balikin modal, karena waktu masuk PNS pake duit sogokan, hehe.

2. Type maling/koruptor yang melakukan kejahatannye bukan karena terpaksa tapi karena hoby. Hoby? hoby kok maling? hehe. Nah type yang kayak gini rada2 susah ngeliat ada yang nganggur dikit, kagak pake lama...maen embat aje! Type yang kayak gini paling susah diberantas, yah..namanye juga hoby klo kagak niat bener, susah ngilanginnye.
Sok tau ye!? hehe..

Nah, sebenernye itu yang lagi diomongin Bang Pendi ame Bang Mamat dan si Jabrik. Gara-gara maling mulai merajalela lagi di kampungnye Bang Pendi. Jangankan peralatan elektronik, CD nye Bang Pendi yang ude bolong-bolong aje ikut ke embat juga. Parahnye lagi...kalo ga keburu ketahuan, neneknye Bang Pendi juga ikut dibawa (disangkanye barang antik, kali ye!? hehe).

"Heran ye? Padahal siskamling kite tetep jalan tapi kenape maling-maling pade berani ye..?" tanya si Jabrik.

"Dimane-mane maling biasanye emang lebih pinter daripade polisi. Makanye sistim siskamling kite sekarang yang perlu direboisasi, Brik!" celetuk Bang Pendi.

"Reboisasi? pitak di kepalelu tuh yang perlu direboisasi, biar tumbuh rambut..." balas Bang Mamat.

"Yah, namanye juga si Pendi Bang, yang nilai Bahasa Indonesianye jeblok. Disekolahan waktu ditanya arti pribahasa...Bagai katak dalam tempurung, die malah jawab...kurang kerjaan aje tuh katak! ngapain juga maen dibawah tempurung..." kate si Jabrik sambil ngakak. Bang Mamat ikut-ikutan ngakak.

"Wah, sarap lu Pen! kagak takut dijitak guru?" kata Bang Mamat.

"Ade lagi Bang. Waktu disuruh ngartiin pribahasa...Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Eh, die bukannye jawab tapi malah protes....Kalo laen ladang laen belalang mungkin bener Pak! tapi kalo laen lubuk laen ikannye kayaknye gak bener tuh. Soalnye, kagak di danau kagak dikali semuanye sama, yang banyak cuman ikan sapu-sapu...!" sambung si Jabrik sambil cekakakan.

"Ah, elu Brik...malu-maluin gue aje. sekarang gimane nih supaya bise bikin maling kapok!?" ujar Bang Pendi.

"Emang rada susah Pen, kalo mao bikin kapok. Jangankan maling kecil, yang korupsi gede-gedean aje kagak ade yang kapok. Lah, gimane mao kapok? ude tau die itu korupsi...tapi kagak ditangkep. Eh, malah dibiarin pergi keluar negri hanya karena alasan berobat. Sekalinye ketangkep, dipenjare malah dikasih fasilitas mewah...ude gitu bisa bebas keluar masuk sesuka hati, hebat pan....!? Dan yang terakhir kasusnye si Malinda Dee, ude tau die banyak makan duit negare. Eh, mao operasi masih mao pake Jamkesmas yang mestinye buat rakyat kecil..." kata Bang Mamat.

"Nah, itu gare-gare si Malinda nye cuma dihukum 2 bulan. Jadi payudaranye sakit tuh..!" celetuk Bang Pendi.

"Ah, yang bener lu Pen? duit ngebobol banknye pan banyak, kok cuman dihukum 2 bulan? lagian ape hubungannye hukuman 2 bulan ame payudara?" si Jabrik heran.

*"Iye bener cuma 2 bulan, tapi tiap hari disuruh netekin narapidana satu LP.., gimane kagak kempes lagi tuh payudaranye!" Bang Pendi, si Jabrik ame Bang Mamat pade ngakak. Abis ngakak, Bang Pendi punya ide buat bikin kapok maling-maling. (*celotehan temen)

Seminggu kemudian, para peronda termasuk Bang Pendi bisa nangkep maling yang lagi beroperasi. Aneh tapi nyata, kali ini si maling mohon-mohon minta digebukin aje daripade nurutin maonye Bang Pendi. Para peronda yang laen juga bingung, kenape dilarang Bang Pendi gebukin tuh maling. Tambah bingung lagi pas denger kalo Bang Pendi mao nyediain makanan buat tuh maling.

Bener aje, ternyata Bang Pendi bawain 2 piring makanan tapi isi piringnye beda. Yang satu isinye tahi kambing dan yang satu lagi isinye tahi kebo, nah...si maling disuruh makan sampe abis 2 piring ntu!. Jelas aje tuh maling nangis bombay disuruh makan gituan, so pasti die kapok maling dikampungnye Bang Pendi lagi, hehe.

Nah, ntu idenye Bang Pendi buat bikin maling kapok. Ada yang punya ide lain..? hehe..

38 komentar:

  1. hhhhhh dari kalimat perkalimat mo tawa terus. itulah yang saya suka dari sampean selalu mengena.

    pantes saja banyak laki yang mau di bui, soale menu paginya netek.

    btw ide bagus tuh makan kayak gitu

    ditunggu yang berikutnya Kang

    BalasHapus
  2. Udah kangen sama tulisan Bang Pendi....emang bikin ngakak..
    Bener Bang, dimana-mana maling emang lebih pinter dari penjaganya...meskipun kadang udah ada anjing galaknya masih aja tetep bisa maling.

    Gimana korupsi gak bertambah Bang...wong kalau bersalah dipenjara cuma bentar dan masih bisa leha2 dan jalan2 yang lain pada ngikut.

    Ahhh pusing aye Bang jadinya.

    BalasHapus
  3. Maunya tuch Maling biar gak kapok lagi ..masukin penjara yang gelap gulita, harta 7 turunan sita habis....hehhehe

    BalasHapus
  4. Dengan cara seperti itu tentu saja si-maling kapok dan tidak akan mengulang kembali perbuatannya. Walau melanggar hak asasi manusia dan menyerempet aturan semestinya, cara-cara paling ekstrem seperti ini tampaknya dapat membuat jera mereka. Ada-ada saja akal Bang Pendi. Salam blogger. Sukses selalu.

    BalasHapus
  5. type yang ditulis koq pas banget sih, hehe...
    kalau hukum gak bisa dibeli kayaknya ada kemajuan tuh.

    BalasHapus
  6. @Pak Sis : hehe...makasih Pak, tapi maaf kalau ada kalimat yang agak saru dibaca :)
    @IbuDini : Bang Pendi juga pusing Bu, usulnya bagus juga Bu, hartanya disita tapi jgn buat negara, buat Bang Pendi aja...hehe
    @Pak Herdoni : hehehe...memang agak ekstrem pak, habis klo gak gitu, gak ade kapok2nye, hehe...
    Oh ya, makasih...tulisan ini juga dapat inspirasi dari posting Pak Herdoni...

    BalasHapus
  7. Salam sobat
    Ide bagus biar maling kapok
    He he tumben ni tidak obrolan warung kopi

    BalasHapus
  8. bang pendii, keren bgt ngerangkum seluruh headline di koran2 jadi satu cerita humoris gini.. mantab bener abang kita satu ini.. :D

    BalasHapus
  9. merajalele??emangnya beras bang??hahahaaha

    BalasHapus
  10. kalo DPR itu korupsinya termasuk yang mana?

    BalasHapus
  11. ide lainnya, makan cabe rawit sebaskom tanpa minum. hi hihhhi...

    BalasHapus
  12. huwahahaha.... bang pendi ada ada aja, masa ya suruh makan tai kambing ama kebo. yaa mending digebukin aja sih tuh maling.

    tapi ada satu lagi tipe maling/koruptor yang pualing susah diberantas.. ketika maling dan korupsi itu udah menjadi passion!!.. melakukan korupsi dengan senang hati, sukarela, bahkan tanpa dibayar pun mau melakukan korupsi.. siang malam, nggak kenal capek

    susah nggak tuh!

    BalasHapus
  13. itu malinda dee emang orangnya kecil pen, cuma teteknya aja yg gede... #bahas tetek#

    1 lagi pen, slam gak percaya sama kata "korupsi sudah mendarah daging" tadi disini elu gak nulis gitu kan?

    BalasHapus
  14. baru tahu nih kalau ternyata Bang Pendi sangat 'parah' di urusan peribahasa hahaha...
    Kayaknya utk pelajaran Bhs. Indonesia perlu mengulang lagi deh... hahaha

    BalasHapus
  15. Semuanya serba Bang Pendi yaa hehe

    BalasHapus
  16. Hahaha sembari baca postingan ini dari awal sampai ahir saya tergiring dlm imajinasi saya ke pentas film betawian hehe..

    Iyee bang gw kira juga ape haha makanya hukuman mati aje biar pda takut smpe anak cucunya jg ketakutan. Masalah koruptor ini sudah sangat merusak sendi2 peradaban dan tatanan sebuah bangsa. Coba duit negara di embat otomatis negara kita miskin dan tdk bsa membuka lapangan kerja buat kita2, akibat ga ada kerjaan ya otomatis buat nyambung hidup ujung2nya ngerampok ato nyuri barang org lain. Bener negri kita sarangnya maling. Sediiih..

    BalasHapus
  17. Ya ampun ide bang Pendi ...
    gimana kalo hukumannya spt yg diarab saudi aja ya, potong tangan sedikit demi sedikit....

    BalasHapus
  18. @Mba Narti : kayaknya hukum kita masih bisa dibeli Mba, tergantung...wani piro? hehe
    @Bunda NURA : warung kopinye lagi tutup, jadi ga bisa ngobrol disono..hehe
    @Mba Meutia : Bang Pendi emang kuli tinta Mba, tapi bukan wartawan, emang kerjaan ngangkut tinta...hehe
    @YEN : hehe...mirip2 sih...
    @Bang John : klo DPR kayaknya type no 1, tpi bisa juga ada yg memang hoby...hehe
    @Mba Fanny : makan cabe rawit sambil makan es krim gimana Mba? enak dong...itu kan tanpa minum, hehe
    @Mas Gaphe : wah, bener tuh Mas. klo korupsi bagai ngeliat istri yg belum disentuh selama 4 bulan karena melahirkan, bisa repot...haha
    @Mas Slamet : ternyata merhatiin Malinda juga...hehe. klo soal mendarah daging, bisa juga iya..tapi hanya untuk segelintir orang saja...
    @Mba Reni : kayaknya emang perlu Remedi tuh Mba...hehe
    @Bang Kamal : ditambahin Bang, serba-serbi Bang Pendi, hehe..
    @Mas Yayack : bila itu bisa membuat kapok, hukuman mati kayaknya bisa dipertimbangkan tuh Bang...
    @Mba Sukma : boleh juga tuh Mba, tapi jgn suruh Bang Pendi yang motong...Bang Pendi takut ngeliat darah, hehe...

    BalasHapus
  19. bang pendiiiiiii.... ngoocccccollll banget siih lo.. :D
    udeh gue folow bang, name blog kite samaan ye bang, sorii yee... gue kaga tau :)
    lam kenal dari none asli betawi ^_^

    BalasHapus
  20. bang pendi tipe maling ke berapa ye? hehee

    BalasHapus
  21. saya kawatir kalau dihukum makan tai kambing dan tai kebo, jangan-jangan tuh maling mencuri kambing dan kebonya agar tidak keluar tai. jadi bebas hukumannya.

    salammmm

    BalasHapus
  22. kapan negara kita bisa aman damai dan tenteram lagi seperti dulu

    BalasHapus
  23. menyengarkan pikiran dengan membaca tulisan-tulisan segar di blog ini

    BalasHapus
  24. hehheee...
    mau gak yaaa para koruptor makan tahi kambing n tahi keboo....

    BalasHapus
  25. inilah potret indonesiaku

    BalasHapus
  26. hihihi ternyata bang pendi kritis juga ya masalah koruptor
    waduh bang pendi meni tega masa si maling dikasih makanan kotoran hehhee :p

    BalasHapus
  27. @Belo ElBetawi: ngocol emang care aye buat nyentil orang Mpok. Paling kagak yang disentil cuman senyam-senyum aje alias kagak langsung ngeluarin golok...hehe. Klo name blognye samaan, yah..kagak ape2 Mpok, yang penting sentuhannye beda. ye nggak!? hehe
    @Mba Fanny : Bang Pendi mah, bukan maling sembarang maling. Bang Pendi cuma bisa maling hati...hehe
    @Nyach : wah, klo begitu tambah repot ya Om...hehe
    @Pak Munir : kita hanya bisa menunggu dan menunggu, hehe
    @Acc Area : makasih pak...
    @Bang fharkhan : nanti aye tanye Bang, mao ga die? hehe
    @Bang Ibnu : cuma segelintir orang kok Bang, kagak semuanye...contohnye, Bang Pendi kagak tuh, hehe
    @Mba Ria : ah, malingnye aje juga tega kok Mba. cd Bang Pendi yg bolong2 aje, masih diembat juga...hehe

    BalasHapus
  28. *"Iye bener cuma 2 bulan, tapi tiap hari disuruh netekin narapidana satu LP.., gimane kagak kempes lagi tuh payudaranye!"

    syerreeemmm amatttt....

    BalasHapus
  29. salam hangat selalu dan salam damai
    Anda Butuh pengunjung dari blog coretan rizal? Silahkan Klik Di Sini

    BalasHapus
  30. Emang kalo netekin payudaranya jadi kempes, Bang? hahahaha.... Kayak tau aja Bang Pendi, emang pernah netekin? hihihihi.............

    BalasHapus
  31. Haaaaaaaaaaahahahahhahahaha.. pantesan, malingnya minta di gebukin daripada nyantap makanan yg di hidangin.. Biar kapok tu maling... :D

    BalasHapus
  32. bang Pendi, aye datang bawain jus nih. hehee

    BalasHapus
  33. Mampir lagi Bang Pendi... update doonggg....

    BalasHapus
  34. kl CDnye Bang Pendi bolong-bolong ntar msk angin malah ga bisa nulungin nangkep maling.... ^_^

    BalasHapus
  35. Saya nda mau nambahin ide lagi, Bang. Saya mau ngakak saja. Sudah berapa bulan ya saya nda sowan kemari? belakangan memang lagi rajin muter-muter di pulau Jawa bagian timur, dan baru kali ini bisa mampir di mari, ternyata si Pendi dan Jabrik masih eksis. Lanjutkan, Bang Pendi!

    BalasHapus
  36. lam kenal bang, yang namanya apa yg ada dinegara kita pada menyedihkan.... masalah tidak ada habis2nya semoga cepet selesai ya bang masalahnya, thanks

    BalasHapus
  37. menarik jg nih artikel'y,,,
    ada" z nih ide'y bang pendi. he..
    v lucu jg tuh..

    BalasHapus