Rabu, 22 Juni 2011

SUNGGUH TERLALU...

Jakarta ude ngerayain ulang tahunnye yang ke 484. Ude tua banget ye...? Tapi biar tua, Jakarta ibarat jande kaya yang masih keliatan bahenol dan  royal ame duit, juga masih seneng dandan. Sehingga masih banyak orang-orang yang berebut ngedeketin die buat ngedapetin duitnye, hehe....sayangnya, walau bahenol tapi punya penyakit yang kagak sembuh-sembuh...ada kurap, kudis, panu juga korengan...(maksudnye, masalahnye makin banyak!hehe..). Nah, kalo orang-orang mah berebut nyari duit...Bang Pendi mah enggak, dia malah nyante-nyante aje.

"Heh...pagi-pagi bengong aje kerjaanlu! rejeki bisa dipatok ayam noh..." tereak Nyak Salminah, enyaknye Bang Pendi. Bang Pendi yang kaget jadi nyusruk dari atas bale-bale.

"Bujug dah...Kalo negor jangan pake tereak-tereak apa Nyak! Ngagetin aje..."

"Lagian daripagi ngejogrok disitu kagak pindah-pindah. Ngasih makan ayam kek..! Bantuin Babehlu macul kek..! Noh...liat orang-orang pade getol usahe nyari duit. Elu malah diem aje, gimane mao maju kalo males kayak elu!?" Bang Pendi langsung diem, apa yang diomongin enyaknye emang seribu persen bener. 

Kadang-kadang kalo ketemu temennye die jadi malu, apalagi kalo tau mereka ude pade sukses. Kayak si Ridwan, temennye dari Padang ntu...cuma jualan CD cewek ame kutang sekarang ude sukses. Si Poltak ude jadi pengacara, si Trimo ude jadi pengusaha bakso telor cecek, hehe. Pernah die ketemu si Poltak dijalan, Bang Pendi malah jadi bahan tertawaan...

"Hei kawan...Gimana kabarnya? bisnis apa sekarang?" tanye si Poltak. si Jabrik yang kebetulan jalan bareng ame Bang Pendi langsung nyeletuk.

"Wah, si Pendi mah masih karyawan Tempo Bang. Kerjaannye ngetik..."

"Bah...hebat kali kau! jadi wartawan pula rupanya..."

*"Bukan wartawan Bang... tapi kerjaannye tempo-tempo macul dikebon, tempo-tempo nyari kayu bakar. Kerjaannye juga ngetik...kadang ngetik daon singkong, kadang ngetik daon melinjo, kadang juga ngetik pete.." si Jabrik cengengesan. * celetukan temen

"Itu metik...bukan ngetik!!" Bang Pendi melotot. Si Jabrik ame si Poltak ngakak.

Bang Pendi nyadar kalo orang seantero kampung ude nganggap die orang males. Tapi sebenernye  Bang Pendi bukannye males tapi die kagak mao usaha aje, hehe...sami mawon ye.
Tapi Bang Pendi bertekad mao berubah. Biarin deh, die jualan cd cewek ame kutang (walo pas jualan, pasti pikiran ngeresnye kagak bakalan ilang-ilang dan  bawaannye ngikik mulu, hehe).
Yang penting usahe...ye nggak!?

"Pen....Peeeeen! celana panjang coklat  ame kolor ijo babeh, pade kemane ye...elu ngeliat gak Pen!?" tereak Babeh Jupri.

"A..a..anu Beh, celana ame kolornye ude Pendi jual. Aye pan lagi belajar usahe jualan..."

"Hah...usahe palelu pitak! usahe sih usahe, tapi kenape celana gue yang elu jual...keterlaluan banget lu jadi anak. Sini lu...!!" tereak Babeh Jupri sambil bawa gesper dan nyamperin Bang Pendi. Tau gitu, Bang Pendi langsung ngacir....

"Enyaaaaaaaaaaaaaakkk!!"

Niat jualan cd ame kutang, kenape jadi celana kolor babehnye yang dijual ye..? Bang Pendi emang sungguh terlalu...


Selamat Hari Ulang Tahun Jakarta yang ke 484
Semoga makin bahenol aje deh...

29 komentar:

  1. Salam buat Jakarta yang bahenol ye, Bang!

    Bay de wey eniwey baswei, si Babeh sekarang pasti lagi kagak pake celana ya Bang...hihihi...

    BalasHapus
  2. qiqiqi...selalu ada saja ide...
    met ultah buat Jakarta.

    BalasHapus
  3. wkwkwk belajar jualan di loakan ya Bang. Wah Kang Trimo ada di situ rupanya.

    met ultah untuk warga Djakarta

    BalasHapus
  4. yaelah pendi...celana babe diembat juga...hahhaa...

    BalasHapus
  5. gimanapun nggak enaknya jakarta, tapi masiih ada yang kesana ya. *termasuk saya dulu. ahahaha.
    jakarta emang kejam, melebihi kejamnya ibu tiri.

    yaa bang pendi, mau usaha koq jual kolor bokap sih.. nggak sekalian jual isi kolornya? *plak

    BalasHapus
  6. biar bahenol
    ane tetep males ke jakarta bang...
    muacetnya...

    BalasHapus
  7. Jakarte benar2 udh tue ya bang...jd ingat waktu dahulu masih mondok disana selame 12 1/2 th ... kalau pas HUT nya, ane suka main ke JKT fear... tp klu skrng Jkt semakin tue malah semakin kejam..dan bikin capek krn macetnya....

    BalasHapus
  8. Salam kenal dari Resep Rumah Makan Indonesia. Ditunggu kunjungan baliknya! :)

    BalasHapus
  9. pertanyaannya adalah, ada ya yg mau beli kolor babeh...? huehehe

    BalasHapus
  10. Salam kenal dari proposal usaha , ditunggu kunjungan baliknya :).

    BalasHapus
  11. Salam kenal dari proposal usaha , ditunggu kunjungan baliknya :).

    BalasHapus
  12. ah..bang pendi mah dasar hihihi...jualan ga pake modal :))

    BalasHapus
  13. bang Pendi bilang keliatan bahenol dan royal ame duit, juga masih seneng dandan, tapi ane kagak mau tinggal disana ah.... sumpek ... maklum bang biasa di hutan.... hehehehe...

    BalasHapus
  14. hahahhaa...bang pendiii... macem2 aje lo bang, masiih ada yang mau jadi ortu lo.. #eh...
    hepi besdey buat kote jakarte ^___^

    BalasHapus
  15. Selmat ulang tahun utk jakarta dlu kalau gitu...
    Oh ya Bang kalau mau usaha lihat2 napa Bang masak punya babe dijual juga.

    BalasHapus
  16. Wah cerita samean memang menghibur banget kang, saya bacanya sampai ketawa-tawa,,,hehehehe selamat ultah buat jakarta

    BalasHapus
  17. met sore...bang Pendi kapan insafnya ya

    BalasHapus
  18. wah itu sih bukan jualan mau usaha.. tapi jual butuh jual kepepet... hahaha

    BalasHapus
  19. lucu dah,,jakarta baget deh yang kyak gono,,

    BalasHapus
  20. Bang Pendi... nekad banget sih jualan kolor babe.. *geleng2 kepala*

    BalasHapus
  21. Hahahaha... Ini cerpen pake bahsa betawi... baru tau gw kalo cerita pake bahasa betawi kayak gini.. wkwkwkwkwkwk..

    jadi trtarik juga nih buat bikin blog pake bahasa sunda tangerang, cuma kalo sunda tangerang kasar2.. hihihihi, takut pada marah orang bacanya...

    salam kenal bang...

    BalasHapus
  22. Hihihi baca tulisannye abang ngerasa lagi nonton lenong bang....
    Selamat Ulang Tahun untuk Jakarta, moga ntar kalo aku kesampean nyampe kesana udah nggak sumpek lagi... (J^.^)J

    BalasHapus
  23. waaa bang pendii....
    udah lama gx liat postingannya...

    seperti biasa cerita bang pendi keren^^

    salam buat jakarta :D

    BalasHapus
  24. Jakarta ada yang mengartikan 'jaya karena harta'. Tentu saja untuk membangun Jakarta yang begitu megah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Perputaran uang yang paling besar ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kita berharap pembangunan di Jakarta semakin merata dan menyentuh rakyat kecil di pinggiran. Bila kita ke Jakarta dan naik kereta api coba ditengok bagaimana keadaan saudara kita yang ada di pinggiran. Kontras sekali dengan gedung-gedung yang menjulang tinggi dan megah serta perumahan elit yang ada di Ibukota. Disamping itu pada jam-jam sibuk dan kerja, jalanan ibukota bisa membuat kita 'stres'. Selamat Hari Ulang Tahun Jakarta yang ke 484 Semoga semakin jaya dan sejahtera.

    BalasHapus
  25. wuih, nyenyenyenyenye, medok bgt dah!
    wes ben... yang penting smngaart...!
    selamat 484, tua banget. itu aki akinya aki aki

    salam kenal
    fauzan
    kunjungi ya

    BalasHapus
  26. Jakarta, cantik2 tp korengan :D
    bang pendi ada PR tuh, intip d'blogku yah

    BalasHapus
  27. Selamat ulang tahun, jangan-jangan bang pendi jualan celana di jakarta fair

    BalasHapus
  28. cerita bang pendi keren jg nih. he..
    selamat ultah ya bwt jakarta semoga mkin skss z.

    BalasHapus
  29. xixiixix ada ada aja nih bang pendi, salam deh buat jakarta, kudu jaga bodi bener-bener secara udah makin tua

    BalasHapus