Senin, 18 Juli 2011

HILANGNYA JANDA KEMBANG (3)

Bau harum semerbak tiba-tiba menyeruak dari kebon pohon pisang yang langsung berhadapan dengan pintu belakang. Bau pesing (pipis) yang menyengat dan menggelitik nonjok hidungnya Bang Pendi. Nah, siapa yang bilang bau jengkol kemaren? ya kira-kira seperti itulah baunya, hehe. Buru-buru Bang Pendi nutup pintunya dan ngajak si Jabrik untuk keluar rumah. Sekarang giliran cari bukti diluar rumah dan Bang Pendipun mengitari rumah Mak Saodah 12 kali sambil mulutnya komat-kamit. 

"Gue heran ame elu Pen. Elo mao cari bukti ape mao jadi dukun? muterin rumah ampe 12 kali gitu, sambil komat-kamit lagi..." Tanya si Jabrik heran.

"Sebenernye gue nyari duit kerokan Enyak gue Brik. Tadi jatoh dimane ye?"

"Ah, elu mah yang aneh-aneh aje. Segala kerokan lah dibawa, aturan mah detektif bawa beceng...bukan kerokan!" 

Bang Pendi diem aje. Sambil ngedumel sendiri, die nyamperin ibu-ibu tetangganya Mak Saodah. Kayaknya sih ada yang ditanyain dan keliatannya Bang Pendi serius dengerin ibu-ibu ntu ngomong sampe manggut-manggut kayak burung onta. Habis ntu, die balik lagi nyamperin si Jabrik.

"Sekarang gimana Pen?" tanya si Jabrik.

"Gue belon yakin Brik, tapi kayaknya gue punya firasat kite mesti ke kali..."

"Lha...ngapain? elu kebelet pengen buang aer?"

"Ya ude ikut aje..."

Akhirnye si Jabrik ngikutin Bang Pendi ke kali (sungai). Nggak jauh dari  rumah Mak Saodah emang ada kali kecil yang dulu sering dipake warga buat nyuci atawe mandi. Tapi sekarang ude jarang, karena warga deket situ ude banyak yang pake sumur pompa selain itu kalinye juga ude mulai kering dan aernye kotor. Jalan menuju kali emang rada menurun tapi nggak terlalu curam walau jalannya akan menjadi licin dan berbahaya kalo turun hujan.

Ketika kali yang dituju ude keliatan, tiba-tiba si Jabrik mengaduh. Ternyata sendal jepitnye tembus oleh pecahan beling atau kaca. Bang Pendi merhatiin pecahan kaca yang dipegang si Jabrik, matanya langsung mengamati sekitarnya dan akhirnya die ngeliat lampu templok yang pecah berantakan. Bang Pendi langsung senyum-senyum sendiri karena merasa firasatnya benar, tapi die langsung inget sesuatu...

"Astaga Brik! cepet kite cari Mak Saodah di kali..." Bang Pendi langsung turun dan si Jabrik yang keliatan masih bingung langsung turun ke kali juga. Tapi tiba-tiba...

"Heh..heh...pade mao ngapain lu!? Pade mao ngintip gue ya? ayo..sono pergi!" tereak Mak saodah. Jelas aje Bang Pendi ame si Jabrik kaget.

"Ya elah Mak...siape yang mao ngintip sih, kagak ade untungnye! Lagian nongkrong dari semalem kagak selese-selese. Orang-orang  lagi pade sibuk nyariin, eh malah enak-enakan nongkrong dimari. Bikin geger aje..."

"Siape bilang gue nongkrong dari semalem. Semalem emang gue pengen berak bab tapi gue kepleset terus nyebur kesini,  gue pingsan dah. Baru aje gue siuman tapi kayaknye gue masih pengen bab gara-gara semalem ketunda karna pingsan. Ya ude, gue bab dulu sebelon pulang" jelas Mak Saodah. Bang Pendi ame si Jabrik ngakak ngedenger itu terus mereka ngejauhin Mak Saodah, kagak tega ngintipnye, hehe.

Sambil nunggu Mak Saodah, si Jabrik penasaran...
"Hebat juga lu Pen...bise tau dimane Mak Saodah. Gimane ceritanye tuh...?"

"Yah..ntu kagak sengaje Brik. Waktu kite nyari bukti dirumahnye, elu tau sendiri pan kalo kamarnye cuman ada tiga, kamar tamu, kamar tidur terus ame dapur. Nggak ada kamar mandinye pan? ude gitu pas gue buka pintu belakang, langsung bau pesing yang kagak ketulungan. Gue pikir itu pasti bau kencingnye si Japra atawe Mak Saodah yang kencing disitu karena nggak punye kamar mandi. Nah, kalo mao mandi atawe bab..gimane? ntu yang jadi pertanyaan. Kemungkinannye cuman due, kalo kagak numpang dirumah tetangge, bise juga Mak Saodah atawe si Japra bab-nye ke kali. Nah, waktu gue nanya ame tetangganye, Mak Saodah ntu die bilang termasuk nenek-nenek prokem. Kemane aje dan jam berape aje, die tetep jalan alias kagak ade takut-takutnye. Waktu di dalem rumahnye, gue sempet merhatiin kalo lampu temploknye kagak ade. Gue pikir, kemungkinan waktu tadi malem..Mak Saodah kebelet pengen buang hajat tapi mao numpang kerumah tetangga kagak enak karna ude malem akhirnye die  nekat pergi ke kali dan bawa lampu templok buat nerangin jalanan..." jelas Bang Pendi panjang lebar. si Jabrik terkagum-kagum.

Akhirnye Bang Pendi dielu-elukan warga karena bise nemuin Mak Saodah walau sebenernye kagak ditemuin juga, Mak Saodah bakal pulang sendiri, hehe. Sebagai tanda terima kasih, Pak Rt menjanjikan akan memberi hadiah tapi Bang Pendi langsung ngacir pulang....

"Lho...kok mao di kasih hadiah, elu malah ngacir Pen?"

"Gile aje ntu Pak Rt, masak hadiahnye gue mao dikawinin ame Mak Saodah. Yang bener aje..."

"Lah...bagus pan!? lagian cocok tuh...elu bujangan dan Mak Saodah jande. Jande kembang tuh Pen..!"

"Jande kembang kepalelu bau menyan!" Bang Pendi ngedumel, si Jabrik ngakak.

Abis dah....

39 komentar:

  1. janda kembang tapi kembang jengkol ya bang...
    pesiiiing..... hehhehe

    BalasHapus
  2. owalah pengen tau deeh bentuknya mak saodah kayak gimana, nenek prokem.. wahahahhaa....

    enak siih kalo bab di kali, langsung anyuut langsung bersih deh. nggak pake bau pesing juga.. bang pendi penah nyoba?

    BalasHapus
  3. Aku datang... assalamualaikum bang pendi,,

    huahahaha,, kirain mak saodah di culik temen fb nya, eeh,,, taunya nyangkut di kali,, mantaf deh,, aku tunggu cerita detective lainnya,, betulan ini,,, sepertinya bang pendi dah sukses gantiin detective connan edogawa deh,,hihihi

    BalasHapus
  4. Diam-diam Bang Pendi 'analisis'nya matang juga. Bakat juga untuk kerja di 'intelijen'. Berbicara tentang kali, kita prihatin juga kalau melihat kondisi sungai di Jakarta. Kita 'iri' dengan sungai yang ada di kota-kota Eropa misalnya. Kapan kita punyai 'sungai bersih'. Untuk Bang Pendi, kami sampaikan salam sukses telah menemukan Mak Saodah. Pernik-pernik kehidupan seperti kisah diatas selalu menarik untuk dibaca. Salam blogger. Sukses selalu.

    BalasHapus
  5. tuh kan Mak Saodahnya lagi jongkok seperti perkiraan saya kemarin, cuman ternyata dia lagi pingsan
    manteb ... ayo bikin cerita lainnya entar bisa diterbitkan jadi best seller.

    BalasHapus
  6. ahahaha .... happy ending nih ...

    BalasHapus
  7. endingnya begitu...hmm...
    ditunggu serial lainnya Bang Pendi.

    BalasHapus
  8. ini ceritanya Bang Pendi sambil mencarikan jodoh teman ya.

    BalasHapus
  9. hebat.Pendi pinter juga ternyata..gak sia sia disekolahin...hehhee

    BalasHapus
  10. Saya suka yang bagian ini bang,,, "Heh..heh...pade mao ngapain lu!? Pade mao ngintip gue ya? ayo..sono pergi!" tereak Mak saodah. Jelas aje Bang Pendi ame si Jabrik kaget.

    Ngakak dah...

    BalasHapus
  11. hahahaa...lumayan bang, dari pade ngebujang mending ame mak saodah... *kedipin mata*

    BalasHapus
  12. Wahaha keren bang! :D
    Aye mau buat juga ah, judulnya "hilangnya janda kembang goyang" :p

    BalasHapus
  13. hahahhahahhaha.....
    hebat juga tuch mak saodah, pingsan semalaman ..tapi ngomong2 pinsan atau ketiduran di pingir kali bang.

    hahahhaha, bang tak apelah dari pada tak laku terima aje hadiah dari pak rt hikhik.

    Bang Pendi bisaaaaaaaaa aja bikin orang ketawa.

    BalasHapus
  14. hahahahah, ternyata mak saodah pingsan di kali toh,,,,hehehehe bang pendi kok nggak mau hadiahnyaa, buat bang jabrik aja wes hadiahnye,,,heheheh

    BalasHapus
  15. Tumben Bang Pendi waras..hihi...

    BalasHapus
  16. bisa jadi sherlock holmes ala betawi nih. hii hihi..updateeeee

    BalasHapus
  17. qeqeqe.. pasti bang pendi ngira ada hadiah gedhe ternyata gedhe beneran hehehe

    BalasHapus
  18. janda kembang yah?berarti istrinya kembang atau giman? :)
    happy blogging yah sobatku....

    BalasHapus
  19. kmn nih bang hilang'y janda kembang'y tuh. hehe...

    BalasHapus
  20. walah ternyata mak saodah di kali toh
    hehehe bang pendi malu2 kucing masak gak mau sama mak saodah :p

    BalasHapus
  21. Analisa yang cerdas dari si pendi. Salam kenal dari kota Solo.

    BalasHapus
  22. Hehehe... bang Pendi ade aje nih... karne jarang kemari, ane ketinggalan sampe episot ke tige ye bang? wkwkwk...

    BalasHapus
  23. bang Pendi...ayo cerita yg lain dong. jangan soal jande aja. gimana kalo soal duren? alias duda keren? ehheee

    BalasHapus
  24. Bang pendi. Mampir dulu ya bang aye, hehe :p

    BalasHapus
  25. Bang ... aye tunggu nih cerpen berikutnya ... semnagat ...


    ZonaFahri: "Mari Berkomunitas di Faceblog"

    BalasHapus
  26. ini cerita detektip-detektipan ala betawi yee...
    kawinin aja dah tuh, cocok masih sama2 disegel~

    BalasHapus
  27. wkk..wkk.. mantaps.. punya cerita detektip..he.he.he.

    BalasHapus
  28. Pantes disaain ama raflesia arnoldi ya Bang.hehe.. Tapi ya udah Bang terima aje dah jodoh kali hehehe..
    btw sorry Bang baru mampir abis browser kok time out mulu ya kaga ngarti dah hiks...

    BalasHapus
  29. haha..keren tuh bang pendi..bisa mengambil kesimpulan dari rumahnya mak saodah yang akhirnya bisa nemuin si janda kembang itu... :D

    BalasHapus
  30. Bang Pendi kalo ketemu sama Mak Saodah lagi, titip salam ya, numpang tanyain..
    kira-kira dirumahnya Mak Saodah ada botol kecap gak ya? B)

    BalasHapus
  31. bang, sampe berapa nih serialnye? aye nungguin aje deh

    BalasHapus
  32. udah bang pendi, mau aja ma mak saodah.. ane dukung kok.heheheh

    BalasHapus
  33. hmm, udah brp tahun nggak mampir ke sini ya? *lebay* xD

    Bang Pendi masih aja nyeleneh xDD

    BalasHapus
  34. Bang Pendi, gmn kalau nek saodah gak ketemu, pasti Bang Pendi yang bingung nerusin cerita.

    BalasHapus
  35. ceritanya makin asyik aja nih bang.
    saya ngefans bgd sama saodah nih.
    salam kenal ya.

    BalasHapus
  36. wah, suka nulis cerita yaaa? sama donk.. salam kenal ya :)

    BalasHapus
  37. Hohohohohohohohohohoho.....! ceritanya serru nui..., ade episode empatnya nggk nie? :))

    BalasHapus
  38. ceritanya seru juga nich

    salam kenal buat semuanya

    BalasHapus
  39. jhahahahah ,, kirainn apa . taunya ?? hihihihi

    BalasHapus