Halaman

Selasa, 22 September 2009

HARI RAYA TELAH USAI

Bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri telah meninggalkan kite, bagi umat muslim sesungguhnye... pasti ngerase sedih karena bulan yang penuh rahmat dan pengampunan telah pergi dan baru akan kembali sebelas bulan lagi. Kate Ustad Sobri ( pinjem istilahnye bang Akri dari " OKB " he..he ). Bagaikan kupu-kupu, kini umat muslim telah ngalamin tiga tahapan...

Pertame : Sebelum bulan Ramadhan, umat bagaikan ulat bulu yang terlihat menjijikkan dan menakutkan. Karena dalam kehidupan sehari-hari selalu diselimuti dosa dari perbuatan-perbuatan yang di benci Allah.

Kedue : Pade bulan Ramadhan, umat bagaikan ulat yang ber metamorfosis menjadi kepompong. Dimasa ini ( bulan Ramadhan ) umat muslim berusaha menempa dan membentuk dirinya untuk menjadi manusia yang lebih baik karena di bulan Ramadhan umat dapat meningkatkan moral, meningkatkan solidaritas kemanusiaan, meningkatkan rasa persaudaraan, meningkatkan kematangan spiritual serta mencapai keridhoan Allah.

Ketige : Bagai kepompong yang telah berubah jadi kupu-kupu, berwarna-warni nan indah dan sedap dipandang mata. Selain indah..kupu-kupu juga melakukan perbuatan yang menguntungkan makhluk lain dengan menyebarkan serbuk sari ke segala penjuru sehingga dimana-mana bermekaran bunga-bunga yang menyejukkan hati. Begitu juga manusia...setelah melewati bulan Ramadhan dan Idul Fitri kini menjadi manusia baru. Diharapkan setelah itu..semangat, kebiasaan serta akhlak yang telah ditempa di bulan Ramadhan dapat membentuk karakter dan mental untuk tetap konsisten juga Istiqomah dalam menjalani kehidupan sehari-hari di sebelas bulan berikutnya..

Itu kate Ustad Sobri...!

Nah..sehubungan telah lewatnya bulan Ramadhan, episode " Nunggu Beduk " yang cuma sempet 6 episode sementara juga berakhir dan kalo masih bise nulis akan di ganti kembali dengan " Obrolan Di Warung Kopi ". Sebagai ucapan terimakasih untuk sohib yang setia ngebaca cerite ini, pade kesempatan ini aye nulis episode terakhir nunggu beduk...sampai ketemu tahun depan.

" LEBARANNYE BANG PENDI "

Babe Jupri : Cepetan Pen..! dari tadi kerjaanlu makan mulu, di rumah engkong aji juga banyak makanan, ayo..nanti keburu tengari.. ( tereak babe Jupri karena kesel nungguin bang Pendi dari tadi..)

Bang Pendi : Iye..iye ! bentaran napa...kagak sabaran amat, lagian lebaran juga belon nyampe sini..( bang Pendi ngedumel sambil nyaplok potongan ketupat, lalu buru-buru nyamperin enyak dan babenye sambil benerin peci yang rade miring )

Nyak Asiah : Ini Pen..bawa ! ( sambil nyodorin dua rendeng rantang )

Bang Pendi : Set dah..! masak aye di suruh bawa-bawa rantang nyak..kayak bocah aje, lagian masih kayak orang dulu aje..lebaran bawa-bawa rantang ! sekali-sekali ngasih parcel napa...

Babe Jupri : Palelu kucel..! disuruh orang tua ngebantah aje lu.., lagian kalo babe mao ngasih parcel kulkas elu mao manggul..sono lu panggul ! ( babe Jupri sewot, ati bang Pendi mengkered..tapi dalem ati die ngedumel.." Sombong amat..! pake mao ngasih parcel kulkas, itu aje belon lunas. Lagian kalo aye panggul tuh kulkas, ape enyak kaga nangis bombay kulkasnye dibawe " )

Mao kaga mao bang Pendi bawain juga 2 rendeng rantang ntu, mane berat lagi. Satu rendeng isinye lima rantang, dua rantang isinye nasi ame ketupat, satu rantang isi daging semur, satu rantang isi daging pindang dan satu lagi isinye uli ame dodol. Mane sebentar-sebentar salaman kalo ketemu orang di jalanan, mao nggak mao ntu rantang mesti turun naik karena tangan kiri dan kanan bang Pendi nenteng rantang.

Bang Pendi : Kayak lebaran aje nih..! salaman mulu...( lame-lame kesel karena tangannye mulai pegel, babe Jupri melotot tapi bang Pendi pura-pura kaga liat. Pas lewat deket rumah neng Yuli, dari jauh bang Pendi liat neng Yuli lagi salaman ame tamu yang mao pulang. Pas ngeliat bang Pendi..neng Yuli cengar-cengir, ngga jelas nyengir karena seneng ngeliat bang Pendi ape nyengir ngetawain bang Pendi yang lagi nenteng-nenteng rantang ).

Babe Jupri : Ayo Pen..! lelet amat..cape lu bawa rantang ?

Bang Pendi : Kaga..! ( dalem ati sih ngedumel " pake nanya lagi..!" ), eh..be ! aye mao mampir dulu sebentar..lebaran ame temen.

Babe Jupri : Entar aje mampir-mampirnye..yang penting kerumah engkonglu dulu.

Bang Pendi : Bentaran doang be...! ( babe Jupri ngebolehin pas ngeliat muke bang Pendi rade melas, ati bang Pendi jingkrak-jingkrak seneng...buru-buru die ke rumah neng Yuli, di teras ada keponakan Yuli yang lagi pade maen ). Assallammualaikum..Minal Aidhin Walfaidzin, maaf lahir bathin ya neng...! enyak mane neng..?

Neng Yuli : Eh..bang Pendi. Iye bang..same-same, maaf lahir bathin juge ye..! Enyak ade di dapur...bentar aye panggilin..( ngga lame nyak Salmineh nongol sambil mesam-mesem )

Bang Pendi : Maaf lahir bathin nyak..! maapin aye kalo kemaren banyak sale-sale kate..( sambil nyium tangannye nyak Salmineh )

Nyak Salmineh : Same-same...eh ni rantang due-duenye buat enyak ? ( ngeliat bang Pendi nenteng 2 rendeng rantang, bang Pendi gugup...kalo die bilang bukan, die malu ame neng Yuli )

Bang Pendi : Eh..I..iye nyak !, yang atu dari enyak..yang atu dari aye..

Nyak Salmineh : Wah banyak amat...! iye deh..enyak bawa dulu ke dapur, elu duduk dulu dah...! temenin si Pendi Yul..( bukan maen senengnye bang Pendi di bolehin deketan ame Yuli )

Bang Pendi : Ehmm...neng Yuli tambah cakep aje..! tapi rambutnye kenape di kuncir ? cakepan juge di lepas..

Neng Yuli : Ah..abang bise aje ! iye nih bang..rambut aye pade rontok, mangkanye aye iket..

Bang Pendi : Rontok..? ya sudah..ndak usah di cato'-cato', nanti kepalamu gundol..! ( ngikutin iklan shampo..neng Yuli cengar-cengir, keponakan neng Yuli pade ngakak. Lagi asik-asiknye ngobrol nyak Salmineh nongol dari dapur )

Nyak Salminah : Ini..Pen ! bilang makasih ame enyaklu...ini rantangnye cuma gue isi geplak doang...

Bang Pendi : Iye nyak..ngga ape-ape ! ( dalem ati die ngedumel.." cepet amat sih..dapurnye di Bogor kek..!" ). Tapi bang Pendi cukup seneng karena ude bise janjian ame neng Yuli untuk jalan-jalan di lebaran kedue, jalan kerumah engkongnye sambil siul-siul...tapi pas nyampe dirumah engkongnye die kaget ngeliat enyaknye berdiri sambil kacak pinggang..( dalem ati bang Pendi.." wah..mampus gue..! )

Nyak Asiah : Elu kemane aje sih Pen..!? dasar anak kaga semenggah...sini rantangnye..( Masih kacak pinggang dan keliatan bangat marahnye..)

Bang Pendi : Anu nyak..orang dari kereta pade turun semue, ngajak salaman ama aye...nih tangan masih pade pegel ( sodare-sodare bang Pendi pade nyengir...)

Nyak Asiah : Ah..ngomonganlu sebakul Pen..., sini..rantangnye ! lho..rantangnye kok pade kosong Pen..isinye elu kemanain..? ( nyak Asiah bingung..)

Bang Pendi : Anu nyak...! anu..( bang Pendi nggak tau mao ngomong ape.., die langsung ngibrit pas ngeliat enyaknye megang gagang sapu ) Ampun..nyak..! ampun... ( sodare ame keponakan-keponakannye pade ngakak..)


Bang Pendi serta crew dan artis pendukung dari episode Nunggu Beduk he..he..he , mao mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri..Minal Aidhin Walfaidzin..mohon maaf lahir dan bathin.

34 komentar:

  1. wakkkakk..dasar pendi o'on. keterlaluan banget deh. rendangnya dikasih ke emak si yuli kok. dasarrr.dudud kuadrat nih. duh, jadi pengen rendang nih.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum, he2 lucu nian :)
    Salam kenal :)
    Mohon maaf lahir dan batin :)

    BalasHapus
  3. @ Mba Fanny : Rendangnya masih ada ko mba..di rumah. Klo mao..dianterin kemana ya..? he..he

    @ Mba Dini : Maaf lahir bathin juga...makasih dah sudi mampir

    BalasHapus
  4. Dasar si pendi, hehe. Ya lebaran telai usai, tapi suasananya masih terasa sobat. Ngupi yuk....

    BalasHapus
  5. huahahahahahhaah....(gegulingan di lantai)lucu bgt sih mas .. slera humore gila banget. asik bgt baca nya

    BalasHapus
  6. hahahahah...lucu kali kau ni bang...salam kenal ya, saya newbiws 20 hari nih....insya allah keep bloging forever ya....
    oh ya, kenalkan nama saya abdul azis
    blog saya berisi kesusateraan
    Oh ya, betewe cerpen online baru saya sdh terbit, mengisahkan kisah miskin yang pengin punya baju lebaran, insya allah bagus hehehe ..silahkan baca di baju lebaran tak darang, apa harus tak riang? http://www.cosmorary.com/2009/09/23/baju-lebaran-tak-datang-apa-harus-tak-riang/
    mohon kritik dan sarannya....
    Syukron
    Wass

    BalasHapus
  7. @ Bunda Elly : Nyok...!!

    @ Mba Dewi : Mba Dewi ini senengnye guling2 ye...? he..he

    @ Bang Abdul : Wah..makasih kunjungannya dan salam kenal juga. Tapi kunjungan baliknya nanti ya...mao maculin kebon dulu..he..he

    BalasHapus
  8. salam kenal sob! mohon maap lahir batin..

    eh, ada bugs tuh! di atas head

    BalasHapus
  9. sore... mampir balik :)

    BalasHapus
  10. Untuk lisan yang mungkin telah salah berucap, Untuk janji yang belum dan tidak bisa ditepati. Untuk prasangka yang kadang timbul dihati. Untuk komentar yang kurang berkenan, yang mungkin pernah saya berikan, dengan setulus hati, saya mohon di maafkan lahir batin. Saya dan Alamendah's Blog mengucapkan, Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1430 H.

    BalasHapus
  11. Ha..ha..ha Lucu abis, rendangnya dari hongkong tuh ya??
    Salam kenal ya bang..

    BalasHapus
  12. @ 4 all : makasih dah mampir dan salam kenal....

    BalasHapus
  13. Pendi selalu aja membuatku tersenyum geli....
    Hari Raya emang telah usai, tapi rasanya masih enggan melepaskannya....
    Maaf kalau baru sempat mampir karena baru kembali dari libur lebaran...

    Ohya, Maaf lahir batin ya....

    BalasHapus
  14. kalo ketupat masih ada gak? sekalian ya. ha ha ha...

    BalasHapus
  15. @ Mba Reni : maaf lahir bathin juga...

    @ Mba Fanny : Ketupat mungkin masih ada tapi laksanya yang nggak ada..gimane kalo aye bawa ketupat, mba Fanny bawa laksanye...kite ketemuan di pinggir kali...he...he

    BalasHapus
  16. salam sobat
    hari raya telah usai,,,semoga tahun depan kembali menjumpainya.
    masih si PENDI nich tokoh ceritanya,,
    tapi lucu dan asyik juga kok.

    BalasHapus
  17. he..he..he...kok lucu sekali to Mas!
    Thanks yah dan mampir dan kasih apresiasi pada posting saya.

    Tak lupa, juga saya ucapkan Met menikmati paska hari-hari pasca lebaran, boleh khan juga saya ucapkan juga Mohon maaf lahir bathin (rasanya belum terlambat). Semoga kita selalu dianugrahi kesehatan lahir bathin, juga selalu dilindungi, dibimbing, dan dipelihara oleh-Nya sehingga kita selalu bahagia dan selamat dunia akhirat, amien!

    BalasHapus
  18. hahaha,,gara-gara ketemu gebetan rantangan yang seharunya buat engkong jadi lenyap.
    ceritanya asik, khas betawi

    BalasHapus
  19. Halo, salam kenal. Ada bugs tuh di header blog Anda...

    BalasHapus
  20. @ Pak Ronny : Iya neh bos..lagi di utak-utaik belum ketemu masalahnya..maklum gaplek..he..he salam kenal juga..

    BalasHapus
  21. Wah betawi punya kisah, memang menarik dan typical yah....keep on posting Mas, itung-itung ikut memperkaya warisan budaya bagi bangsa indonesia he..he..h.e...dengan banyak cerita yang berbasis pada cultur lokal, maka keanekaragaman budaya kita akan terus terwariskan buat anak cucu kita kelak.

    BalasHapus
  22. @ mas Anto : Makasih mas..ditunggu kritik dan sarannya dan salam kenal

    BalasHapus
  23. salam sobat
    hari raya telah usai
    kembali ke fitrah ,,,memulai perjalanan baru yang lebih baik lagi.
    terutama si Pendi nich,,

    BalasHapus
  24. kekekekekekekkke....nyak salimeh harusnya ngisi baliknye yang same ye, kasihan bang pendinye....hehehehehe...
    met lebaran ye, maafin salah2 aye ya bang....:-)

    BalasHapus
  25. met lebaran ya PENDI moga ntar bisa jujur ya tahun depan....:-(

    BalasHapus
  26. Pendi... Pendi..!! Untung aja aku kaga jadi enyaknya si Pendi.
    Kasihan Engkong... kaga jadi makan ketupat deh tuh..!! Hahahaha.....

    BalasHapus
  27. Tempale barunya makin keren. Ayo mana update postingannya sobat.

    BalasHapus
  28. salem kenal ncang-ncing, nyak babe...
    name aye becce, asle bugis..

    BalasHapus
  29. Wkeekekke...paling gokil tulisan paling bawah...
    Itu artisnya pendatang baru semua..?? Wwkwkww...

    BalasHapus
  30. Walau tampak ribet. Tampaknya banyak kebahagiaan di keluarg itu.

    Salam kenal ya bang

    BalasHapus
  31. Bang Pendi urat gengsinya gede juga yak palagi depan cewek. Paling gak rendangnya di tuker sama geplak dari pada di tuker guling.

    BalasHapus