Senin, 05 Juli 2010

DUREN TAMBUN

Bang Pendi kalo lagi kebagian nganter ikan asin ke Kalibata suka lewat depan makam pahlawan. Disitu biasanye suka banyak yang jualan duren, kalo dulu perasaan bang Pendi yang dijual duren petruk alias duren dari Semarang tapi sekarang kebanyakan duren Montong alias duren bangkok yang dijual. Bang Pendi sebenernye suka heran, apa aja asalnye dari Bangkok...jambu bangkoklah...pepaya bangkoklah...ayam bangkoklah...kakek-kakek bangkok ( yang ini bongkok...hehehe ). Yang bikin bang Pendi tambah heran, ape insinyur-insinyur pertanian dari IPB kagak ade yang bisa merekayasa buah-buahan Indonesia hingga bisa ngalahin yang bangkok-bangkok ntu. Atau karena orang Indonesia aja yang kagak nasionalis atawe cuma merasa keren kalo makan buah-buahan yang asalnye dari luar negeri doang. Tapi kalo bang Pendi tanya jawabannya.." Ini soal rasa bro....masalah lidah, bukan nasionalis ape kagak nasionalis !" Emang begitu ya..? Ah...embuhlah....!

Nah..kalo lihat fisiknya, duren petruk emang kalah jauh ame duren montong. Namanye juga petruk, tau sendiri pan..!? kalo petruk itu kurus ceking dan yang panjang cuman idungnye doang. Mungkin duren semar, duren bagong atawe juga duren tambun ( gendut ) yang bise ngalahin duren montong. Eh..ngomong-ngomong  tambun, kemaren ade istilah yang bang Pendi baru denger tuh...yaitu rekening tambun. Kalo kagak sale sih...ntu artinye rekening yang bengkak karena gaji yang dipunya kagak sesuai dengan jumlah rekening yang ada. Kalo rekening tambun itu miliknye si Gayus atawe antek-anteknye semua orang juga ude pade tau tapi yang ini punya perwira-perwira polisi kita sodara-sodara...! bang Pendi cuman bisa geleng-geleng kepale dan juga bingung, duit darimana ya ? kagak mungkin pan duitnye dari nilang motornye bang Pendi..hehehe.

Wah...kalo bang Pendi jadi presiden, bang Pendi bakalan bikin peraturan...barang siapa yang gede...eh maaf maksudnye siapapun yang jadi pejabat kagak boleh punya rekening di bank. Kalo mao nabung harus pake celengan semar ! nah..kalo gitu pan, selain bisa melestarikan budaya nasional juga bisa membantu pengrajin celengan. Dan yang paling penting, kalo punya duit banyak bakal ketauan...makin banyak duitnye makin gede tuh celengannye. Ye.... nggak !
Halaaaa...bang Pendi  ngaco nih ! ya ude..balik lagi ke soal duren. Dulu...kalo mao makan duren, bang Pendi kagak pernah mikirin beli ( mikir ngembat punya orang..iya ! hehehe ). Dirumahnye bang Pendi pohon duren banyak..tinggal nungguin jatoh...gedebuk ! jadi deh makan duren, nah sekarang boro-boro dah...satu pohon juga kagak ! pohonnye ude ganti jadi tiang listrik ame tiang rumah semua. Tapi terus terang bang Pendi dari dulu ampe sekarang kagak bise yang namanye belah duren alias bisa makannya doang, kayaknye sih emang gampang-gampang susah. Siape yang mao ngajarin ? hehehe. Nah...sekarang siape nih yang dirumahnye punya banyak duren...kirim-kirim deh kerumahnye bang Pendi...hehehe.



Eh...sohib2 ude pade tau belon kalo ade kontes bikin cerpen dari Mba Fanny Nah...bang Pendi ude bikin tuh cerpennye, kalo mao baca2 mampir deh di hanya ilusi. Sekalian ikutan ye... !
Kalo ngga, ikut juga deh..kontes menghayal melakukan hal yang paling gila buat pesta ulang tahun yang diadain ame Non Dela

Dua-duanya berhadiah buku. Ya ude...ikutan aja deh !

34 komentar:

  1. duren? entah kenapa buah yang satu ini kok sama sekali nda doyan ya, tapi kalau makanan yang beraroma atau berasa duren masih doyan.

    BalasHapus
  2. waww..durennn... aku suka dureennn... *_*
    heheeee...

    walahh..kalo nabung dicelengna semar, ntr g dapet bunga bang pen.. *mata bunga_an* wkwkwkwkw... :P

    BalasHapus
  3. Ternyata nama Durian macam-macam ya, soanya aku taunya makan aja, itu juga kalau ada gratisan.

    BalasHapus
  4. Belah duren aku juga mau bang. Yang penting jangan makan duren. Kagak napsu bang.he...he... Apa lagi ketiban duren. Bisa-bisa benjut nich kepala...

    BalasHapus
  5. Udah 2 tahun gak makan duren... kasian bener ye... tapi kalau rekening tambun mau donk... asal asal usulnya jelas

    BalasHapus
  6. aku suka duren :D
    enakkk..

    selamat hari senin, bang pendi..
    semoga hari ini menyenangkan :D

    BalasHapus
  7. bang mesen duren nya satu...
    kirim ke bandung ya bang...

    BalasHapus
  8. saya jadi penasaran sama duren tambun nya
    keep blogging

    BalasHapus
  9. Bang pendi, kok engga ada gambar durennya??

    biar bisa ngebedain gitu, mana duren bangkok, mana duren indonesia, dan mana kakek bangkok,

    hehhe

    BalasHapus
  10. wah kalau duren aku kok nggak suka ya bang nggak taha baunya

    BalasHapus
  11. Thailand emang hebat tuh, ada Jambu Bangkok, Durian Bangkok, Ayam Bangkok. Kapan kita dapat mengalahkan mereka ? Di tempat kami juga ada Durian Tawing dan Durian Plangkrongan, rasanya tidak kalah lho dengan Durian Bangkok. Durian Tawing Magetan ini sudah dirilis sebagai Durian varietas unggul nasional oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia.Produk lokal seperti ini sayang belum go internasional. Gampang kok mbelah durian itu. Bulan Juli seperti ini sudah tidak musim lagi Bang Pendi, udah habis semua tinggal daunnya he..he..

    BalasHapus
  12. salam sobat
    setuju banget kalau bang Pendi jadi presiden,
    agar para pejabat tidak punya rekening bank,,tapi bisanya nabung pakai celengan.

    BalasHapus
  13. makin mantep makan duren sama orang yang kita dekat hehe :D

    BalasHapus
  14. wah, nasib kite same bang, blm bise belah duren nih, wkwkwkk...

    BalasHapus
  15. Ada duren ya, mana tak icipi dulu!

    BalasHapus
  16. uangnya enakkan dimasukkan bantal dari pada di celengan, walaupun sedikit bang pendi pun bisa saya beli dalam mimpi!

    BalasHapus
  17. Maaf Bang Pendi..., durennya gak bisa kukirim kesini. Udah dihabisin ama Shasa sih... hehehe

    BalasHapus
  18. Oh.., Bang Pendi suka durian juga to...?

    BalasHapus
  19. saya sih kurang suka sama duriang bangkok.. bikin cepat eneg.. mendingan durian pribumi. saya kuat makan sampe 12 buah. haha

    BalasHapus
  20. duren emang enak, kalo lagi musim di kampungku harganya bisa 500/buah, murah banget yaa. duh jadi mau! haha

    BalasHapus
  21. mw duren...
    jd pengen..
    :p

    BalasHapus
  22. ngomong2 duren
    dah lama nih aku gak makan duren
    bang beliin dunk hehehe :p

    BalasHapus
  23. Bang Pendi..
    aku bayangin, kalo para Perwira tinggi yang punya rekening mencurigakan itu harus pake celengan...

    pasti harus beli gudang atau barak gitu ya buat nyimpen tumpukan celengannya.
    hehehee

    BalasHapus
  24. wah aku udah ketinggalan jauh nie cerita si Pendi.....ap kbr Sob....udah lama aku ga kesini....

    Kritiknya halus cuma pas Sob......mending pake celengar semar ya Sob... Dan ngomongin duren ane jadi laper nie hhe.....

    Semangat N happy blogging!!!

    BalasHapus
  25. hahaha bang pendi asal!!!
    masa pake celengan semar!!
    sekarangkan lagi gempar celengan BeABeI (maaf babi) warna pink hehehe

    eh disemarang memang terkenal dengan durennya, kota-nya siapa dulu?!!

    BalasHapus
  26. kalo celengan kucing boleh gak, pen? hehhee..difoto dong durian petruknye

    BalasHapus
  27. iye ye koq buah-buahan Indonesia pada kurus ga gemuk kaya punya orang luar apa kurang vitamin bang?

    BalasHapus
  28. jadi pengen dureeeeeen...
    hehehehe

    BalasHapus
  29. Di rumah mertua aye ada pohon duren, Bang. Cuman kalo mau ngirim ke bang pendi, kejauhan. Tukang posnya nggak mau, katenye takut kagak kuat iman nyium aroma duren, bawaannya mau ngembat aje. Bisa-bisa blom nyampe di rumah bang pendi, ntu duren tinggal kulitnya doang. Bagus bang pendi aja deh yang ambil kesini. Gimane?

    BalasHapus
  30. wah duren neh mas...
    suka benget..

    BalasHapus
  31. @ Mba Dewi : Wah...bang Pendi mau bangat tuh ! tinggal kasih tau alamatnya, nanti bang Pendi satronin...hehehe

    BalasHapus
  32. Sori Bang, kalo betawi pinggiran mah ngomongnya kagak pake e dibelakang. Biasa aja. Kalo itu betawi pusat.

    salam kenal

    hasan
    www.thenangkalandaks.wordpress.com

    BalasHapus
  33. Bang Hasan : Ente bener bang..! saya cuman nonjolin sisi keBetawiannya aja...karena dengan pake e dibelakang, sohib2 bisa langsung tau kalo ini bahasa Betawi..

    Makasih dah berkunjung...

    BalasHapus
  34. bawain jus duren rasa stroberi..lho?

    BalasHapus