Halaman

Sabtu, 31 Juli 2010

ABU GOSOK

Ngeliat kereta Argo Bromo anjlok di Manggarai ame stasiun PondokCina yang kebakar di tv, bang Pendi jadi inget naek kereta dari Lenteng ke Kota karena disuruh ambil ikan asin ame Koh Achong. Dulu sebenernye bang Pendi sering naek kereta tapi pas diledekin temen " Eh..Pen ! kalo naek kereta, biasanya dapet berapa dompet ? " Diledek gitu bang Pendi jadi males naek kereta..hehehe.

Waktu ntu bang Pendi ude ogah-ogahan, tapi si Jabrik ngotot ngajakin naek kereta,  " Pan lumayan Pen, bise dempet-dempetan ame cewe ! " kate si Jabrik sambil nyengir. Bang Pendi diem aje sambil mikir " Hmm..yang kayak gini nih, yang suka nyari yang sempit-sempit. Eh..nyari kesempatan dalam kesempitan maksudnye..hehe". Nah..ibu-ibu ame none-none mesti waspada tuh..!  kalo ade tampang-tampang kayak si Jabrik..hehe. Tapi emang bener sih, penumpang di kereta ekonomi ude kayak ikan teri dipepes. Pade dempet-dempetan semua, kayaknye mao naroh kaki aje susah. Kalo turun dari kereta mesti periksa kaki, soalnye takut jempol pade ketuker..hehehe


Nah..kalo ude begini, gimane tuh.. !!?

Nggak lame, ade pemeriksaan karcis. Untungnye bang Pendi ame si Jabrik beli karcis jadi tinggal nyodorin, tapi cewe disebelah bang Pendi cuman bilang " Abu pak..!" sambil nyengir-nyengir onta ( Abu ntu maksudnye Abodemen ). Bang Pendi kagak ngerti ape ntu Abu ,tapi mao nanya malu. Akhirnye bang Pendi bisik-bisik ame si Jabrik " Besok kagak usah beli karcis Brik...! tinggal bilang abu, yang meriksa juga ude tau " Si Jabrik cuman ngangguk-ngangguk aje. Besoknye bang Pendi ame si Jabrik naek kereta lagi, tapi sekarang nekat ngga beli karcis " Tinggal bilang abu, pasti beres !" pikir bang Pendi. Nah..ngga lame ade pemeriksaan lagi tapi yang meriksa bukan petugas PJKA doang, sekarang ame polisi juga. Wah...bang Pendi langsung panas dingin " Gimane nih Brik..?" tanya bang Pendi. Tapi pas ngelirik kesamping si Jabrik ude kagak keliatan batang idungnye, kayaknye ntu anak ude ngacir pindah gerbong. Ya..ude, bang Pendi tambah keringetan
" Lagi kebelet ya bang..?" Ledek cewe yang ngeliat muka bang Pendi kebingungan sambil cekikikan. " Sialan...pake ngeledek lagi, kalo ditempat sepi...ude gue gigit lu !" pikir bang Pendi..hehe

" Karcis...karcis, karcisnya mana ?" Tanye petugas.
" A..a..abu pak..!" Jawab bang Pendi rade gemeter
" Abu apaan...abu gosok !? Mana...sini lihat !" Bentak polisinye. Bang Pendi jadi malu, abis penumpang yang laen pade cekikikan. Ya ude...akhirnye bang Pendi diturunin di stasiun Kalibata, terus di bawa ke toilet mao disuruh bersihin wc. Bang Pendi ngedumel " Brengsek nih si Jabrik ! maen ninggalin gue aje. Disuruh bersihin wc lagi...hah..apes bangat dah gua !". Tapi pas nyampe, die ngeliat si Jabrik ude nongkrong disitu bersihin wc. Bang Pendi jadi cekikikan sendiri.
" Pake abu gosok aje bang ! biar bersihan dikit..." Celetuk bang Pendi sambil cekakakan.
" Ah..brengsek lu Pen ! gare-gare elu nih, nyuruh kagak beli karcis " Kate si Jabrik pas tau bang Pendi yang ngeledek. Tapi due-duenye langsung ngakak bareng. Paling kagak ini jadi pengalaman, besok-besok kalo naek kereta mesti bawa abu gosok. Lho.... !!? hehehe.

Gambar Dari Sini


Eh...sohib2 ude pade tau belon kalo ade kontes bikin cerpen dari Mba Fanny . Nah...bang Pendi ude bikin tuh cerpennye, kalo mao baca2 mampir deh di hanya ilusi.
Sekalian ikutan ye... ! Met wiken......


42 komentar:

  1. Waaaa,,,enakan naek kreta eksekutif ya bang...
    Wah,,aku nggak bsa bikin cerpen..nggak bsa ikutan deh...

    BalasHapus
  2. Kadang jd takut kalo liat berita gt, tp kalo mau jalan jauh paling enak mang naik kereta ya bang...

    Lg cari ide nie bang bwt lombanya >.<
    moga menang ya bang ^^

    BalasHapus
  3. hehhee..dasar jabrik..dan pendi, maunya gretong sih

    BalasHapus
  4. wah bang Pendi nih
    naik kereta kagak bayar...
    hehehee...

    BalasHapus
  5. Bang Pendi, ikut dong kalo naik keretaaaa

    BalasHapus
  6. hihihi.. masa sih sih disuruh bersiin wc? bukannya disuruh bayar denda?

    BalasHapus
  7. potret masyarakat Indonesia

    BalasHapus
  8. wah bang, gw kaga pernah naek ekonomi.. ngeliat orang2 sampe naek ke atap2 aja udah sumpek..

    BalasHapus
  9. jadi inget waktu jaman masih sekoLah duLu, suka kucing-kucingan sama kenek kereta api. tiap kereta berenti di stasiun Langsung deh pindah ke gerbong yang aman biar enggak ketemu sama dia, hehehe...
    kaLo naek kereta naek pas jam pergi-puLang kerja, bener kata si jabrig. bisa senggoL-sengoLan, tapi yah gituh deh resikonya, kudu angkat kaki sebeLah kayak murid Lagi di setrap. turunya gemeteran, bukan karena abis senggoLan sama cewek cantik, tapi karena kaki jadi kram. hakhakhak...
    terima kasih yah Bang, kemaren pantungnya keren be'eng. kaLo urusan pantun, emang dah Bang Pendi jagonya. tapi btw, anak perawan dan jande mana tuh yang pada naksir ane?. boLeh juga tuh Bang, boLeh untuk bantuin nyuci ama ngegosok di rumah. hihihi...

    BalasHapus
  10. akibat modal nekat. hahaha
    tapi abu itu apaan sih? beneran deh blm ngerti.

    BalasHapus
  11. @ Quinie : Ahaa...! ketahuan deh, siapa yang pernah ketangkep ngga beli karcis...hehehe

    @ Thya : Biasanya orang bilang abu ntu buat nyingkat kata abodemen. Nah abodemen itu sendiri bang Pendi sebenernye ngga tau persis. Tapi kalau ngga salah itu pengganti karcis. Nah..klo karcis tiap hari beli, klo abodemen cukup satu bulan sekali. Klo ude punya abodemen, satu hari naek kereta bolak-balik ampe 1000 kali juga ngga ape2 yang penting abodemennya masih berlaku. Klo pengen lebih jelas tanya aje deh ame yg sering naek kereta...hehehe

    BalasHapus
  12. hahahhahah...bang pendi sama jabrik ada aje ye tingkahnya, pake kagak mau beli karcis segala.
    Kalau di s'pore agak bisa masuk tuch

    BalasHapus
  13. assalamualaikum..
    bang pendi..
    (xixixi..maaf atas kesalahan pemaknaan sy tempo lalu ya)..
    wuiihh kereta penuh banget tuh..
    naik kereta memang lebih santai ya bang
    salam

    BalasHapus
  14. jadi inget wkt kuliah di UI dulu, suka telat beli karcis. jadi ngaku abu juga. tapi jarang. hi hihi...

    BalasHapus
  15. ANe jdi ingat wktu nonton gratis saat Oma dg Iwan fals di Monas malam 17 Agustus 1994.
    Krna ane tnggal d pd.Labu, naik kretanya dari Ps. Minggu sm anak2 Gang H.Ipin. Kita duduk di atap kyak gmbr postinga Bang Pendi.
    Ane jdi kngen bnget ame anak2 pangkalan doyok p.labu !..
    Salam sobat :)

    BalasHapus
  16. jiakakakakakakak

    bang abu gosok nya sekilo berapae????
    aye mesen 1 kodi bisa kagak...

    BalasHapus
  17. hahaha...mau ikutan bonek ya Bang..

    BalasHapus
  18. jadi... kalau mau naek kereta kudu bawa abu gosok bnerapa banyak..? hahaha

    BalasHapus
  19. wow, artikel ny berguna bgt nih sob.. cocok bgt bwt mnmbh wawasan ku seputar tema ini..

    sob, mengingt blog ni sngt bermanfaat bgt q.. tukeran link yok!!

    link blog kamu sudah terpasang di blogku, link balik yach :) silahkan di liat di blogku!!

    ntar pasang link ku dengan anchor text "Naruto Spoiler" yach,

    dan jdi follower q juga y, siapa thu aja dgn kehadiran blogger se-hebat kamu, blog ku bisa
    sedikit rame dan berwibawa gtu.he3

    ntar secara berkala q bakal sering-2 silaturahmi kesini..

    d tunggu kehdirannya yach :D

    salam dari blogger indonesia setengah bule.he3

    makasih..

    BalasHapus
  20. oh, ya sob.. dmn bisa q liat link ku dan sobat blogger lain??

    BalasHapus
  21. @ Naruto : Makasih dah mampir dan pasang linknye bang Pendi. Bang Pendi juga dah mampir kerumah ente tapi bingung gimana mo ninggalin jejak, soalnye rade2 gaptek...hehe. Linknye sudah dipasang tuh, tinggal di cek.

    BalasHapus
  22. bang pendi di mana dirimu yang difoto ntu?
    yang tergantung-gantung itukah?

    BalasHapus
  23. @ Seiri H : Ah...bu dokter ngeledek aja nih ! pan ude dibilangin kalo bang Pendi lagi bersihin wc...hehe

    BalasHapus
  24. ahahaha,,, Jadi teringat waktu naik kereta dulu, bnyak yg ga dapat karcis nekat naik diatas,, Bg pendi yg mnannya yg di foto itu, hihihi

    BalasHapus
  25. Karena di Kalimantan nggak ada kereta, jadi aman2 aja. Naik angkot aja biar santai.

    BalasHapus
  26. bang pendi itu yg duduk di sebelah mana kereta
    ga kliatan bang hehehe :p

    BalasHapus
  27. aku paling takut naik keretaaa hahahaha apalagi yang penuh tuh kaya jakarta bogor. astaga bisa jadi slim aku pas keluar dari kereta, kejepit jepit :p tapi seru juga sih kalo rame-rame.

    BalasHapus
  28. wah iya tuh bang ada2 aj emang jadi rada ngeri naek kereta....T.T
    oh ya link abang dah ane pasang di blog ane mohon link baliknya ya bang salam kenal....^^

    BalasHapus
  29. heheh..pengalaman yang mengesankan bang..pasti ga akan pernah bs lupa deh...heheh..salam abu gosok...pis ah..:d

    BalasHapus
  30. hahaha.. sangat menjadi pengalaman yang bagus tuh.
    itu perbuatan yang tidak baik,
    selain dosa, juga dapat akibatnya sendiri ya?
    Tertip itu lebih baik

    BalasHapus
  31. Abodemen?
    Emang naek kereta api bayar abodemen, bang?
    *aneh...

    BalasHapus
  32. hihihi ada2 aja bang Pendi ini..
    eh aku pernah lho naek kereta api ekonomi. boro2 jalan/berdiri, nafas aja rebutan sama orang2 sebelah! hehe.

    BalasHapus
  33. wow..dempet-dempetan kaya' gitu,pasti bang Pendi seneng banget ya hehe

    BalasHapus
  34. share sejarah Islam jika tertarik bang :D

    BalasHapus
  35. Kalau lihat gambar posting bung Pendi itu, sungguh sangat berbahaya, kedisiplinan harus ditegakkan sejak dini dan gimana ya caranya melatih menjadi masyarakat yg berbudaya disiplin.. rupanya mereka ga menghargai nyawanya sendiri dan mengambil resiko jatuh dari atap kereta..

    Salam
    Bali Property

    BalasHapus
  36. kaLo mau cari kesempitan daLam kesempatan emang paLing enak Bang naek kereta api, manteb bisa ehem-ehem sama si "anu". hehehe...

    BalasHapus
  37. wahaha9 kasiannnn deh bang pendi sama bang jabrik :p
    bener noh, makanya besok2 bawa abu gosok deh :p
    hihihi...

    selamat hari Jumat, bang pendi
    semoga hari ini menyenangkan :D

    HAPPY WEEKEND!

    BalasHapus
  38. Amat 'mengasyikkan' naik kereta api seperti itu. Cepat, murah dan merakyat. Tapi sekarang sudah ada KA komuter yang cepat, sejuk, bersih dan nyaman. Pengalaman yang tak terlupakan. Operasi simpatik bersama Polsuska seperti ini hendaknya secara berkala terus dilakukan jangan sampai perusahaan kereta api terus merugi. Pelayanan yang tepat waktu, cepat, ramah, sejuk, bersih dan aman sangat didambakan oleh pengguna jasa KA.

    BalasHapus
  39. Jasa KA sangat dibutuhkan masyarakat banyak. Baru aja aku lihat berita ada KA khusus hanya cewek yg boleh numpang, jurusan Jkt - Depok.. pendapatku moga tidak hanya sementara namun bisa bertahan lama. Akhirnya tidak ada kesempatan buat cowok yg suka usil melecehkan wanita...

    Regards,
    Bali Wedding

    BalasHapus
  40. Ini artinya KA-nya kurang... saya percaya PT KAI cukup profesional... cuman KA-nya yang kurang... tapi kalo ditambah... gmana dengan pendapatannya ? Peace

    BalasHapus
  41. kalau boleh milih mending bayar karcis ama denda daripada bersihin wc umum... tidaakk..., makanya bang pendi gak boleh malu bertanya ya :)

    BalasHapus